STUDI EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE FIELD TRIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ZAHRO, AMALIA NOOR FATIMATU (2018) STUDI EKSPERIMENTASI PENERAPAN METODE FIELD TRIP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTs MATHALIBUL HUDA MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (430kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (427kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui prestasi belajar siswa kelompok eksperimen pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelompok kontrol pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara(3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen menggunakan desain post test only control design dalam desain ini terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random untuk dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam penilitian ini terdapat populasi sebanyak 60 peserta didik dan sampel sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode test yang digunakan sebagai tolak ukur guna mengetahui prestasi belajar siswa, untuk mendapatkan data terlebih dahulu dilakuan uji validitas dan reliabiltas instrumen. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data yang diperoleh (1) nilai rata-rata post-tes kelompok eksperimen 82 termasuk dalam kelas interval 80-87 yaitu masuk dalam kategori baik, (2) nilai rata-rata kelompok kontrol diperoleh nilai 76 termasuk dalam kelas interval 74-79 yaitu kategori baik, (3) berdasarkan perolehan perhitungan t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh t hitung sebesar 3,014 harga t tabel untuk dua pihak = 2,010 karena t hitung lebih besar dari t tabel atau jatuh pada penerimaan Ha. (3,014 > 2,010), maka Ha diterima karena kenyataannya memang dalam kategori baik. Sehingga kesimpulannya “Ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Mathalibul Huda Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2018/2019”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Field Trip dan Prestasi Belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Mar 2019 06:55
Last Modified: 28 Mar 2019 06:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2296

Actions (login required)

View Item View Item