SARI, DEVINA PUSPITA (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DENGAN MULTI LEVEL MARKETING (MLM) DALAM PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PADA DISTRIBUTOR ORIFLAME JEPARA). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (125kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (204kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (366kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (795kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (167kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran dan strategi pemasaran syariah yang diterapkan pada Oriflame dan efektivitas dari pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun lokasi penelitian Jepara. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer merupakan data utama penelitian ini. Sedangkan data sekunder digunakan sebagai pendukung data primer. Hasil penelitian diketahui bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan member Oriflame dalam memasarkan produknya adalah dengan cara online untuk menjangkau lebih banyak pasar dan personal selling dengan menwarkan katalog untuk offline. Segmentasi pasar produk Oriflame adalah segmentasi berdasarkan ciri demografis dimana targetnya adalah untuk segmen usia, jenis kelamin, kelas sosial dan pekerjaan tertentu.Untuk positioning produk, Oriflame menempatkan produk di benak konsumen sebagai Natural Swedish Cosmetics dengan berbagai kualitas yang ditawarkan. Dalam aspek pemasaran syariah, sistem pemasaran yang dijalankan Oriflame sudah sesuai syariat. Di dalam Oriflame, dalam melakukan transaksi akadnya jelas, produk Oriflame juga terbuat dari bahan-bahan alami, bukan yang mengandung bahan yang dilarang atau diharamkan dalam syariat, pembagian poin dilakukan secara adil, perolehan poin juga bukan dari rekrutan member baru, murni dari penjualan produk. Dalam situasi persaingan sekarang ini, kita tidak bisa lagi hanya membidik rasio/benak pelanggan, tapi kita harus bisa membidik hati pelanggan agar tertarik dengan produk kita. Member Oriflame dalam melakukan pemasaran produknya menerapkan spiritual marketing sebagai jiwa bisnisnya. Member Oriflame juga tidak menganggap pesaing sebagai musuh dalam bisnis. Member Oriflame juga mempunyai sifat Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-waqi’iyyah) dan Humanistis (Insaniyyah). Dari peningkatan omset penjualan member tiap bulannya, dapat disimpulkan bahwa pemasaran yang diterapkan Oriflame adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Strategi PemasaranSyariah |
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 07:11 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 07:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2299 |
Actions (login required)
View Item |