MUZDALIFAH, AINI (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STAND AND SHARE DAN DISKUSI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIC CENTER NGEMBAL REJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (757kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (759kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (535kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (531kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (538kB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (336kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
Abstract
Pada prinsipnya pembelajaran di era modern ini adalah pembelajaran yang aktif dengan berpusat pada peserta didik. Mengatasi masalah di atas, salah satunya menggunakan pembelajaran kooperatif yang di kembangkan oleh Spencer Kagan yaitu, dengan metode stand and share dan diskusi. Metode ini bertujuan agar peserta didik berfikir spontan yang akhirnya dapat mengungkapkan ide-idenya atau argumennya di depan kelas tanpa takut salah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, kendala dan solusi metode pembelajaran stand and share dan diskusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Islamic Center Ngembal Rejo Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah field research, yang mana peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi, dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran stand and share dan diskusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Islamic Center Ngembal Rejo Bae Kudus, meliputi langkah persiapan, langkah pelaksanaan metode stand and share dan diskusi kemudian langkah selanjutnya yaitu penutup. Pada langkah persiapan, guru merumuskan tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan yang bersifat umum maupun tujuan khusus yaitu pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi tawakkal, ihktiar, sabar, syukur dan qana’ah. Mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknis pelaksanaan diskusi, misalnya ruang kelas dengan segala fasilitasnya, petugas-petugas diskusi seperti moderator, notulis dan tim perumus. Kendala implementasi metode stand and share dan diskusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Islamic Center Ngembal Rejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 antara lain meliputi keterbatasan waktu, jumlah anak dalam satu kelas, sehingga kadang kala untuk menghidupkan suasana metode stand and share dan diskusi agar anak kreatif dalam kegiatan diskusi tidak ada yang berbincang sendiri. Dengan adanya kendala implementasi metode stand and share dan diskusi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu jumlah anak dalam satu kelas yang banyak maka solusinya adalah dengan membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil agar lebih mudah pengaturannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Stand And Share dan Diskusi; Kemampuan Berpikir Kritis; Aqidah Akhlaq. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 02:27 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 02:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2310 |
Actions (login required)
View Item |