SHOLIKHIN, IMAM (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPPIN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI AL-MU’MIN PRAWOTO KEC. SUKOLILO KAB. PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (175kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (112kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (267kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (309kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (400kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (664kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (194kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan “Pengaruh Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati” (2) Untuk mengetahui Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati (3) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Strategi Mind Mapping Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Teknik Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari strategi mind mapping sebesar 85,3 yang masuk dalam interval 75-86, artinya pelaksanaan Strategi Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati tahun pelajaran 2016/2017 terlaksana dengan efektif. (2) Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati tahun pelajaran 2016/2017 termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari kemamuan kognitif siswa sebesar 86,33 yang masuk dalam interval 84-95. Jadi, semakin baik Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS, maka semakin mudah pula bagi siswa untuk memahami materi yang diajarkan. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi mind mapping terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min Prawoto Kec Sukolilo Kab Pati tahun pelajaran 2016/2017. Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat rtabel adalah = 0,361 sedangkan ro = 0,721 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun hasil nilai korelasi antara strategi mind mapping terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MI Al-Mu’min tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 0,721. Hal ini berarti korelasi antar kedua variabel tergolong dalam kategori sangat kuat, karena masuk pada rentang interval (0,70 – 0,90). Sedangkan nilai hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 48.0195%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi mind mapping; kemampuan kognitif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 08:16 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 08:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
View Item |