PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KUDUS TAHUN 2017/2018

NUHA, MUHAMMAD ULIN (2018) PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MELALUI KEGIATAN SHALAT DHUHA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KUDUS TAHUN 2017/2018. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
File 1 COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
File 2 ABSTRAK.pdf

Download (590kB)
[img] Text
File 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
File 4 BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
File 5 BAB 2.pdf

Download (590kB)
[img] Text
File 6 BAB 3.pdf

Download (309kB)
[img] Text
File 7 BAB 4.pdf

Download (471kB)
[img] Text
File 8 BAB 5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
File 9 DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (212kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mutu Pendidikan Agama pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus Tahun 2017/2018. 2) Pelaksanaan kegiatan shalat dhuha di MAN 2 Kudus. 3) Peningkatan mutu Pendidikan Agama pada mata pelajaran fikih melalui kegiatan sholat dhuha di MAN 2 Kudus Tahun 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampling menggunakan non probability sampling dengan penentuan menggunakan purposive sampling dengan informan sebanyak 13 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Mutu Pendidikan Agama pada mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus Tahun 2017/2018 yakni baik, bahwa mata pelajaran Fikih di MAN 2 Kudus jadwal satu minggu 2 jam, dan dalam pembelajarannya memakai beberapa metode. Sehingga, selain menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan metode praktik. Jadi, pembelajaran Fikih yang ada kaitannya dengan yang bisa dipraktikkan misalnya, terkait dengan pengurusan jenazah, haji dan umroh, bisa dipraktikkan. Jika materi Fikihnya tidak bisa dipraktikkan seperti di kelas XII itu tentang kaidah-kaidah Ushul Fikih, tentang hukum syar’i, itu pembelajarannya pakai metode diskusi, tanya jawab dan ceramah., dalam pembelajarannya menggunakan beberapa metode, diantaranya ceramah, tanya jawab, diskusi dan praktik. 2) Pelaksanaan kegiatan sholat Dhuha dilakukan di MAN 2 Kudus sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai, pada jam 06.50 sampai 07.30 WIB, siswa diharuskan untuk melaksanakan sholat dhuha di kelasnya masing-masing, dan hanya kegiatan tertentu shalat dhuha dikerjakan di Masjid sekolah. 3) Peningkatan mutu Pendidikan Agama pada mata pelajaran Fikih melalui kegiatan shalat dhuha di MAN 2 Kudus Tahun 2017/2018, diantaranya memberikan pembelajaran langsung dari segi Kedisiplinan, religiusnya, kebersamaan, karena semuanya sama-sama sholat dhuha, tanggung jawab, tanggung jawab sebagai seorang muslim, tugasnya adalah beribadah. Secara akademik peserta didik mampu memahami materi Fikih dengan baik dan benar terbukti semua peserta didik mampu praktik ibadah Fikih dan mendapatkan nilai yang melebihi batas KKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pendidikan; Fikih; dan Shalat Dhuha
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Apr 2019 03:39
Last Modified: 18 Apr 2019 03:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2365

Actions (login required)

View Item View Item