PENGARUH BELAJAR KELOMPOK PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL ILMI NALUMSARI JEPARA TAHUN 2015/2016

Mukhlis, Abdul (2016) PENGARUH BELAJAR KELOMPOK PESERTA DIDIK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL ILMI NALUMSARI JEPARA TAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi ini hanya mengambil satu permasalahan yaitu untuk mengetahui pengaruh belajar kelompok peserta didik terhadap kemampuan berfikir kreatif pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Ilmi Nalumsari Jepara.Adapun metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini berupaya untuk menguji hipotesis penelitian dengan mengaitkan belajar kelompok yang diasumsikan berpengaruh dan signifikan terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Dan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belajar kelompok peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 adalah cukup baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 45,94 yang termasuk dalam interval 44-50. Kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 adalah baik karena memiliki nilai rata-rata sebesar 46,56 yang termasuk dalam interval 46-51. Dari hasil uji hipotesis antara pengaruh belajar kelompok peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 terdapat pengaruh. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rxy sebesar 0,716 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,424 maupun pada taraf kesalahan 5% =0,329, sehingga ini benar-benar ada pengaruh. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 51,26%. Hal ini berarti menyatakan pengaruh belajar kelompok pesrta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif pada mata pelajaran fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara tahun pelajaran 2015/2016 dengan nilai sebesar 51,26%, sedangkan sisanya 100%-51,26% = 48,74% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Belajar Kelompok; Berfikir Kreatif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 08:26
Last Modified: 04 Dec 2016 08:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/237

Actions (login required)

View Item View Item