ROHMAWATI, FAUZIYAH (2018) IMPLEMENTASI MARKETING MIX (BAURAN PEMASARAN) 4P DALAM PERSPEKTIF ISLAM PADA USAHA BAKSO KEMASAN “ADA RASA” BULUNG CANGKRING JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (264kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (618kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (773kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (366kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (756kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (279kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P pada usaha bakso kemasan Ada Rasa, 2) untuk mengetahui implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P dalam perspektif Islam yang diterapkan pada bakso kemasan Ada Rasa, 3) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi usaha bakso kemasan Ada Rasa, serta 4) untuk mengetahui termasuk tipe tindakan sosial apa dalam implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P pada usaha bakso kemasan Ada Rasa. Penelitian ini menggunakan penelitian field research yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclution data). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P yang dilakukan pada usaha bakso kemasan Ada Rasa adalah Product berupa aneka bakso yang dikemas (packaging) kedalam plastik atau mika sesuai jenis dan jumlah produk, Price yang ditetapkan dalam menjual produk sesuai dengan biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi, Place penjualan produk Ada Rasa sudah meluas dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Produk tersebut didistribusikan di Toko Ada Rasa, agen-agen sosis, pasar tradisional, toko makanan, pengecer besar maupun pengecer kecil, Promotion meliputi mulut ke mulut, media sosial, pemasangan umbul-umbul (spanduk) di RT, banner di agen-agen sosis, pemberian baju olahraga jika ada pertandingan, dan kunjungan sekolah siswa-siswi Paud-TK. 2) implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P dalam perspektif Islam pada usaha bakso kemasan Ada Rasa adalah Product diproduksi hingga proses penjualan sudah jelas keberadaanya yakni menggunakan bahan yang halal, bergizi, berkualitas, tidak menggunakan pengawet, tercantum ijin PIRT, dan sudah mendapat sertifikat keamananan pangan dari dinas kesehatan, sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat luas, Price sesuai dengan kondisi barang yang dijual, Place menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan mengutamakan tempat-tempat yang sesuai dengan target market, Promotion transparansi, kebenaran, dan kejujuran sehingga tidak ada potensi unsur penipuan dan kecurangan dalam melakukan promosi. 3) Kendala-kendala yang dihadapi dalam implementasi marketing mix (bauran pemasaran) 4P pada usaha bakso kemasan Ada Rasa adalah naik turunnya harga bahan baku, persaingan harga dengan usaha yang sejenis, promosi masih lingkup lokal, belum adanya penjualan lewat online, dan pesaing baru yang ingin memasuki lingkungan yang sama. 4) Implementasi Marketing Mix (Bauran Pemasaran) pada Usaha Bakso Kemasan Ada Rasa termasuk dalam teori rasionalitas instrumental (zweckrationalitat).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation; Marketing; Marketing Mix Syariah |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Apr 2019 03:41 |
Last Modified: | 22 Apr 2019 03:41 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2377 |
Actions (login required)
View Item |