IMPLEMENTASI TEKNIK SPEED READING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTS. NURUL MUSLIM, JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Al-Ghofiqi, Ahmad Bahrul Uluum (2018) IMPLEMENTASI TEKNIK SPEED READING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) DI MTS. NURUL MUSLIM, JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (927kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (216kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (425kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (330kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Implementasi Teknik Speed Reading pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Mts. Nurul Muslim Jepara.; 2) Faktor pendukung dan penghambat Teknik Speed Reading pada mata pelajaran. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Mts. Nurul Muslim Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaranSejarah Kebudayaan Islam (SKI), serta siswa kelas VII A, B, dan C di MTs Nurul Muslim Jepara. .Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, uji peningkatan ketekunan, menggunakan referensi, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data yaitu reduksi data, display data dan verifikasi atau kesimpulan. Mengenai penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Implementasi Teknik Speed Reading pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Nurul Muslim Jepara. Pertama, guru menyuruh siswa untuk membaca materi selama 30 menit dengan Teknik Speed Reaing, Kedua, guru menjelaskan materi kepada siswa. Kemudian, siswa mengamati dan mendengarkan penjelasan guru. Ketiga, guru dan siswa membangun komunikasi interaktif dengan melakukan proses tanya jawab. Selanjutnya yaitu Guru dan siswa menyimpulkan materi kemudian mengambil ibrah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi yang dilakukan guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam implementasi teknik Speed Reading pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) sudah cukup baik. Faktor pendukung meliputi: 1) faktor internal yang meliputi, intelegen sisiswa dan motivasi belajar siswa. 2) factor eksternal yang meliputi, guru yang kompeten, sarana prasarana, pemilihan model, metode dan teknik pembelajaran, materi pelajaran, serta komunikasi interaktif antara guru dan siswa. Faktor penghambat meliputi: 1) Faktor internal yang meliputi, kurangnya rasa percaya diri dalam diri siswa, serta rasa malas siswa dalam belajar. 2) Faktor eksternal yang meliputi: siswa gaduh dan ramainya suasana di luar kelas dapat mengganggu konsentrasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Speed Reading; mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2019 07:01
Last Modified: 22 Apr 2019 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2383

Actions (login required)

View Item View Item