ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BERBASIS BROAD BASED EDUCATION (BBE) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL ULUM TANJUNGANYAR GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MRON, NUR ALI (2018) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BERBASIS BROAD BASED EDUCATION (BBE) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NURUL ULUM TANJUNGANYAR GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (627kB)
[img] Text
4. BAB I .pdf

Download (455kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (434kB)
[img] Text
6. BAB III .pdf

Download (328kB)
[img] Text
7. BAB IV .pdf

Download (691kB)
[img] Text
8. BAB V .pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis broad based education (BBE) mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis broad based education (BBE) mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer berupa wawancara dengan kepala madrasah, Waka Kurikulum, guru mata pelajaran dan siswa berkaitan tentang pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis broad based education (BBE) dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis broad based education (BBE) mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018 melalui beberapa tahap yakni tahap perencanaan dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode dan model pembelajaran tertentu serta tahap evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pengampu mata pelajaran Fiqih dengan jadwal yang sudah ditentukan serta dengan materi mengenai sujud syukur yang dilaksanakan dengan mengoptimalkan kecakapan mengenal diri/personal (personal skills); self awareness. Faktor pendukung pelaksanaan kurikulum 2013 berbasis broad based education (BBE) mata pelajaran Fiqih di MTs Nurul Ulum Tanjunganyar Gajah Demak Tahun Pelajaran 2017/2018 antara lain meliputi infrastruktur yang mendukung yaitu kelengkapan sarana dan prasarana sekolah, adanya buku pedoman belajar yang lengkap, prasarana yang lengkap meliputi mushola yang representatif yang dapat digunakan untuk praktek tata cara sujud syukur, yang kedua yaitu keterbukaan dari pihak peserta didik, siswa mau menerima dan melaksanakan pembelajaran dengan dibimbing oleh guru dengan bersungguh-sungguh, yang ketiga yaitu kebijaksanaan sekolah yang mendukung yaitu adanya kebebasan bagi guru untuk menggunakan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan materi pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu beragamnya karakteristik dan kepribadian serta perbedaan kecerdasan yang dimiliki masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013; Broad Based Education (BBE); Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2019 08:02
Last Modified: 22 Apr 2019 08:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item