IMPLEMENTASI MEDIA RODA KEBERUNTUNGAN PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KHOMSATUN, KHOMSATUN (2018) IMPLEMENTASI MEDIA RODA KEBERUNTUNGAN PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTs. TARBIYATUL MUBTADIIN WILALUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (380kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk mengetahui proses implementasi media roda keberuntungan pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-2 di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui efektivitas implementasi media roda keberuntungan pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-2 di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi media roda keberuntungan pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII-2 di MTs. Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Demak tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) data primer, wawancara kepada informan dengan kriteris sebagai pengurus dan masyarakat sekolah ; (2) data sekunder meliputi segala sesuatu yang menunjang pembelajaran dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran melalui tiga tahapan yakni (1) perencanaan, pendidik membuat RPP; (2) pelaksanaan, kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media roda keberuntungan; (3) penilaian, pendidik melakukan penilaian pada saat proses pembelajaran meliputi keaktifan, kemampuan dalam menyampaikan jawaban dari pertanyaan, keterampilan dalam menyampaikan pendapat, sikap dan praktik juga dilengkapi ulangan harian, UTS dan UAS. Pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan media roda keberuntungan sudah bisa dikatakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik sudah mencapai KKM dan dan tingkat pemahaman peserta didik yang cukup baik dibuktikan dengan kemampuan mereka dalam menyampaikan materi kepada teman-temannya serta pengelolaan waktu untuk menerapkan media roda keberuntungan sudah sesuai yang ditargetkan yaitu selama 2 x 40 menit. Terdapat faktor pendukung implemetasi media roda keberuntungan secara internal yaitu (1) peserta didik memiliki intelegensi, minat, motivasi belajar yang tinggi; (2) kondisi fisik dan psikis yang baik; (3) guru memiliki kemampuan pedagogis dan profesional. Faktor eksternalnya yaitu (1) terpenuhinya sarana prasarana dan sumber belajar yang memadai; (2) jam pelajaran yang efektif; (3) terjalinnya kerjasama yang baik antara guru dan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Adapun faktor penghambat secara internal yaitu (1) beberapa peserta didik memiliki tingkat pemahaman yang rendah; (2) guru mengalami kesulitan dalam menangani karakteristik individual peserta didik. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu (1) penerapan media roda keberuntungan membutuhkan waktu yang relatif lama; (2) kegaduhan di luar kelas yang tidak dapat diprediksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Roda Keberuntungan; Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:38
Last Modified: 23 Apr 2019 03:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2388

Actions (login required)

View Item View Item