IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SHOLIHUDDIN, AHMAD (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PUBLIC SPEAKING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA NU GEMBONG PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (491kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (523kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (263kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter melalui public speaking pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Gembong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter melalui public speaking pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Gembong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan karakter melalui public speaking pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA NU Gembong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 terdiri dari beberapa tahap, tahap pertama yaitu tahap memilih pokok pembicaraan yang menarik mengenai materi pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, tahap selanjutnya yaitu tahap membatasi pokok pembicaraan, pokok pembicaraan dibatasi pada standar kompetensi memahami perang salib menurut pandangan Islam. Tahap selanjutnya yaitu tahap mengumpulkan bahan-bahan yang berasal dari buku paket SKI kelas VIII MTs, Lembar Kerja Siswa (LKS) serta pengalaman pribadi peserta didik. Tahap selanjutnya yaitu tahap menyusun bahan, dengan sumber belajar tersebut kemudian disusun materi public speaking tentang faktor-faktor penyebab terjadinya perang salib. Tahap inti dari pendidikan karakter melalui public speaking pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah tahap tampil secara percaya diri, guru menunjuk beberapa peserta didik untuk mampu berbicara di depan kelas di depan teman-teman sekelas berkaitan dengan memahami faktor-faktor penyebab terjadinya Perang Salib. Tahap terakhir adalah tahap evaluasi, pada tahap ini guru memberikan penilaian terhadap penampilan peserta didik saat melaksanakan public speaking yang berkaitan tentang kelebihan dan kekurangan peserta didik mengenai penyampaian materi siswa yang disampaikan di depan kelas. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter melalui public speaking pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MA NU Gembong Pati Tahun Pelajaran 2017/2018 antara lain meliputi infrastruktur yang mendukung penerapan pendidikan karakter melalui public speaking yaitu ruang kelas yang memadai, yang luas dan cukup besar jika digunakan untuk pelaksanaan public speaking. Faktor penghambatnya yaitu beragamnya karakteristik serta kepribadian siswa serta perbedaan kecerdasan yang dimiliki masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pembelajaran Kreatif; Keterampilan Bertanya; Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:29
Last Modified: 24 Apr 2019 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2393

Actions (login required)

View Item View Item