PENGARUH PEMBELAJARAN EFEKTIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ZULFA, NELY (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN EFEKTIF TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS DARUSSALAM JETAK WEDUNG DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (439kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (834kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019. Pembelajaran yang efektif merupakan pembelajaran yang mampu membentuk moralitas peserta didik, dan adat kebiasaan yang terbentuk merupakan suatu perbuatan yang dilakukan dengan berulang-ulang, perbuatan tersebut akan menjadi kebiasaan, karena dua faktor, pertama adanya kesukaan hati kepada suatu pekerjaan, dan kedua menerima kesukaan itu dengan melahirkan suatu perbuatan. Kecerdasan emosi adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Kecerdasan emosi perlu diasah sejak dini, karena emosi merupakan salah satu proses keberhasilan individu dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang di sebarkan kepada responden sebanyak 65 siswa. Adapun lokasi penelitian di lakukan di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran efektif kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 termasuk dalam kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 70,338 yang termasuk dalam interval 6573. Sedangkan kecerdasan emosional peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2018/2019 adalah tergolong kategori baik karena memiliki nilai mean sebesar 67,307 yang termasuk dalam interval 6472. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Efektif terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Darussalam Jetak Wedung Demak Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menggunakan analisis regresi, dari hasil analisis di peroleh hasil R Square sebesar 0,633 (63,3%). Hal ini mengindikasikan bahwa variabel Pembelajaran Efekrif memiliki pengaruh sebesar 63,3% terhadap variabel kecerdasan emosional, sedangkan sisanya sebesar 36,7% dipengaruhi oleh banyak faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Efektif; Kecerdasan Emosional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Apr 2019 07:20
Last Modified: 24 Apr 2019 07:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2405

Actions (login required)

View Item View Item