PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SKI DI SMP NU ASSALAM NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SAPUTRI, ITA BAITUS (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN SKI DI SMP NU ASSALAM NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (445kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (406kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara. 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara. 3) mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen dan penelitian kontrol di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP NU Assalam Nalumsari Jepara. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh dimana semua populasi kelas VIII dijadikan sampel. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Model pembelajaran make a match pada mata pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat terlihat dalam penghitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata sebesar 83 pada rentang interval 80-89 yang dikategorikan sangat baik. 2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran SKI di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini dapat terlihat dalam perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata yaitu sebesar 81 dalam rentang interval 80-89 yang dikategorikan baik. 3) Model pembelajaran make a match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP NU Assalam Nalumsari Jepara, dengan persamaan regresi Y= 44,582 + 0,6126 X, artinya apabila model pembelajaran make a match ditingkatkan maka hasil belajar siswa akan meningkat. Adanya model pembelajaran make a match ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,443 yang termasuk dalam kategori sedang dan dapat memberikan konstribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar sebesar 61,2%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran make a match; Hasil Belajar; SKI.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:43
Last Modified: 25 Apr 2019 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2417

Actions (login required)

View Item View Item