Penerapan Media Lectora Inspire Pada Pembelajaran Fiqih Di MTs Miftahul Huda Jleper Mijen Demak

Ma’sumah, Ummu Lailiyatul (2018) Penerapan Media Lectora Inspire Pada Pembelajaran Fiqih Di MTs Miftahul Huda Jleper Mijen Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (484kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (651kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (738kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Dalam upaya mengoptimalkan penyampaian pesan pendidikan diperlukan sebuah media pembelajaran. Lectora Inspire adalah salah satu media pembelajaran diciptakan memang untuk kebutuhan e-learnig. Lectora Inspire dapat digunakan baik secara online maupun offline yang dapat digunakan dengan cepat dan mudah serta dapat menghubungkan flash, merekam video, menggabungkan gambar, dan screen capture. Mayoritas metode pembelajaran Fiqih yang selama ini kurang variatif terlebih dalam hal media yang berbasis IT menjadikan siswa kurang motivasi, bersemangat, aktif dan interaktif dalam pembelajaran serta kurang memahami manfaat yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper, 2) Mendeskripsikan hasil yang dicapai dengan adanya penerapan media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper, 3) Mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik, guru, serta data sekunder yakni dokumentasi yang mendukung yang akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui penerapan media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) Penerapan Media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper dilakukan dengan mengacu pada silabus dan kurikulum yang ada serta dengan mempertimbangan kebutuhan, kondisi peserta didik, serta sarana dan prasarana yang ada, 2) Hasil dari Penerapan Media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper adalah kemampuan peserta didik menjadi meningkat serta peserta didik menjadi siswa yang tidak Gaptek (Gagap Teknologi), 3) Terdapat beberapa faktor yang mendukung dalam Penerapan Media Lectora Inspire pada pembelajaran Fiqih di MTs Miftahul Huda Jleper yaitu : a) Antusias siswa yang cukup tinggi, b) Kemauan guru yang cukup tinggi untuk mempelajari hal baru (Aplikasi Lectora Inspire ). Faktor penghambatnya adalah: a) Sarana dan Prasarana, b) Tidak semua siswa bisa mengoperasikan komputer dengan maksimal,c) Guru kurang menguasai aplikasi media Lectora Inspire.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Lectora Inspire; Pembelajaran Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:42
Last Modified: 29 Apr 2019 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item