PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALINGTEMAS TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL ULUM SUKOSONO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KULSUM, UMI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SALINGTEMAS TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA DI MI MIFTAHUL ULUM SUKOSONO KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (206kB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (58kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (80kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (175kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (172kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (543kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran salingtemas pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Tujuan utama penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran IPA dengan model pembelajaran salingtemas pada kelas V. 2) Untuk mengetahui sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V. 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran salingtemas terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA kelas V. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penulis melakukan studi lapangan di MI Miftahul Ulum Sukosono yakni ruang lingkup kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Tehnik yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, kemudian di uji lagi dengan uji statistik menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengaruh model pembelajaran salingtemas terhadap sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA termasuk kategori sangat baik, hasil ini dapat dilihat dari nilai koefisien regresi sebesar 0,926, sedangkan hasil t hitung sebesar 12,572. Artinya pembelajaran dengan menggunakan model salingtemas sangat mempengaruhi sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran IPA dengan nilai sebesar 87,8%. Maka hipotesis yang peneliti ajukan benar-benar terdapat pengaruh yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran SALINGTEMAS; Sikap Ilmiah Siswa; Mata Pelajaran IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2019 03:43
Last Modified: 30 Apr 2019 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2465

Actions (login required)

View Item View Item