PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI JURISPRUDENSIAL TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NURUL ILMI BATEGEDE NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ULFAH, MARIYA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI JURISPRUDENSIAL TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NURUL ILMI BATEGEDE NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran inquiri jurisprudensial yaitu model pemebelajaran inovatif yang membantu peserta didik dalam menganalisis dan berfikir secara sistematis dan kritis terhadap isu-isu yang sedang hangat di masyarakat. Keunggulan pembelajaran model ini adalahyaitu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik, meningkatkan keaktifan peserta didik serta dalam mengambil posisi dan pendapatnya mengenai isu yang sedang berkembang di masyarakat yang dikaitkan dengan materi pelajaran. Tujuan yang ingin dicapai peneliti adalah 1. Untuk mengetahui pengaruh pembalajaran inquri jurisprudensial terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah dengan jenis penelitian kuantitatif bersifat penelitian lapangan, menggunakan populasi dan sampel, variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan terkait, metode pengumpulan data dengan angket, interview dan dokumentasi, untuk menguji data penelitian ini menggunakan uji normalitas dan linieritas, analisis menggunakan teknik analisis data statistik. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran inquiri jurisprudensial dalam keaktifan peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq mempunyai rata-rata yaitu = 75,56 termasuk dalam kategori cukup yaitu berada pada interval 70 – 79. Kektifan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di ma nurul ilmi Betegede Nalumsari Jepara mempunyai rata-rata yaitu = 76,88 termasuk dalam kategori cukup, yaitu terdapat pada interval 72 – 80. Hasil uji signifikansi koefisien korelasi dengan menggunakan analisis product moment, menghasilkan terdapat hubungan yang positif dan sigifikan antara model pembelajaran inquiri jurisprudensial dengan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MA Nurul Ilmi Betegede Nalumsari Jepara, yang dibuktikan dengan hasil rxy > rtabel, yaitu pada taraf 5% rxy= (0,512) > rtabel (0,396) sehingga rxy>rtabel = signifikan. Kemudian untuk menentukan pengaruh variabel X terhadap Y dilakukan dengan analisis regresi satu predictor dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 37,199 + 0,527 X sedangkan hasil varians garis regresi Fhitung = 8,157 > Ftabel 4,279 pada taraf 5% yang berarti signifikan. Hasil proporsi sumbangan variabel X terhadap Y dengan persentase 26,21% sisanya 73,79% disebabkan oleh faktor-faktor lain, seperti kondisi fisik mapun psikis siswa, media, metode, ataupun kondisi lingkungan sekitar yang tidak mendukung, sehingga memungkinkan tidak maksimalnya hasil penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Inquiri Jurisprudensial; Keaktifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2019 03:06
Last Modified: 06 May 2019 03:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2505

Actions (login required)

View Item View Item