STUDI EKSPERIMEN PENGEMBANGAN GREEN BEHAVIOUR MELALUI LITERACRAFT TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP PESERTA DIDIK DI MI NU BANAT KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017

Magafira, Sikit (2017) STUDI EKSPERIMEN PENGEMBANGAN GREEN BEHAVIOUR MELALUI LITERACRAFT TERHADAP PEMBENTUKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN HIDUP PESERTA DIDIK DI MI NU BANAT KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
Halaman Depanku.pdf

Download (499kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengembangan green behavior melalui literacraft sebelum dan setelah dilakukan percobaan terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik di MI NU Banat Kudus. Selain itu, untuk mengetahui hasil pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik di MI NU Banat Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti adalah pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik. Peneliti melakukan studi lapangan di MI NU Banat Kudus, yakni pada ruang lingkup peserta didik kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di MI NU Banat Kudus. Selanjutnya sampel pada penelitian ini diambil 60% jumlah peserta didik di kelas IV, yaitu sejumlah 53 peserta didik. Hasil penelitian berdasarkan angket yang disebarkan oleh peneliti, sebelum peneliti melakukan percobaan pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik di MI NU Banat Kudus dikategorikan baik. Hal ini berdasarkan pada nilai rata-rata angket sebesar 58,57 yang masuk dalam interval 54 – 63. Selanjutnya hasil angket yang disebarkan oleh peneliti, setelah peneliti melakukan percobaan pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik di MI NU Banat Kudus masih dalam kategori baik dengan mean 63,38 dan masuk dalam interval 63 – 69, namun ada peningkatan skor jika dibandingkan dari hasil angket sebelum peneliti melakukan percobaan. Berdasarkan hasil analisis paired sample test di dapat perbedaan antara pre test dan post test sebagai alat ukur untuk pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik adalah 4,849. Selanjutnya terlihat bahwa perbandingan antara thitung = 6,308 dan ttabel = 1,67 yaitu thitung > ttabel, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil antara soal pre test dan post test dalam mengukur pengembangan green behavior melalui literacraft terhadap pembentukan sikap peduli lingkungan hidup peserta didik. Selanjutnya untuk arah hubungannya adalah berlawanan karena nilai t negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Green Behavior; Literacraft; Sikap Peduli; Lingkungan Hidup
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2019 02:42
Last Modified: 10 May 2019 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2552

Actions (login required)

View Item View Item