ZUHRI, ACHMAD (2017) STUDI ANALISIS TENTANG GURU PAI DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AFEKTIF DEMI TERCAPAINYA PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 BAE KUDUS TAHUN 2016/2017. Masters thesis, STAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
03 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
04 BAB 1.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) Bagaimana problematika pembelajaran PAI ranah afektif di SMAN 1 Bae Kudus; (2) Bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi problematika pembelajaran afektif demi tercapainya prestasi belajar siswa di SMAN 1 Bae Kudus Tahun 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Bae Kudus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Peneliti mengumpulkan data sambil melakukan kegiatan analisis sampai penarikan simpulan. Untuk menjamin keabsahan data, peneliti menggunakan validitas triangulasi sumber yaitu membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan cara yang berbeda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Problematika dalam pembelajaran PAI ranah afektif di SMAN 1 Bae Kudus meliputi: Siswa belum sadar bahwa proses pembelajaran telah dimulai, kurangnya perhatian, siswa kurang aktif dalam menanggapi respon, siswa belum memiliki keyakinan nilai, belum mampu menjaga agar nilai menjadi stabil dan aktif dalam dirinya, belum mampu menginternalisasikan nilai, sulitnya mengontrol perkembangan afektif siswa, kesulitan guru dalam mengevaluasi afektif, dan pengaruh kemajuan teknologi. (2) Upaya Guru PAI dalam mengatasi problematika dalam pembelajaran afektif diantaranya: Berdoa setiap awal pembelajaran, memberikan teguran dan sindiran, Guru memberikan rangsangan berupa cerita, menjalin kedekatan dengan siswa, mengaktifkan siswa, menerapkan metode diskusi, menyelipkan sebuah cerita, menerapkan metode market place, menjadi tauladan bagi siswa, mentransfer nilai agama secara intensif, menyelenggarakan kegiatan keagamaan, memberikan motivasi, menjalin komunikasi antara guru,siswa, dan orang tua, memperhatikan dan mengamati perilaku peserta didik, dan melakukan kontrol terhadap kemajuan teknologi. Dengan adanya upaya yang dilakukan guru PAI tersebut terbukti dapat meningkatkan semangat belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar PAI ranah afektif di SMAN 1 Bae Kudus. Upaya yang dilakukan guru PAI tersebut terbukti dapat meningkatkan semangat belajar siswa serta meningkatkan hasil belajar PAI ranah afektif di SMAN 1 Bae Kudus.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI; Mengatasi Problematika; Pembelajaran Afektif; Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 May 2019 02:42 |
Last Modified: | 22 May 2019 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2602 |
Actions (login required)
View Item |