PELAKSANAAN TAFTISY AL-KUTUB AL-DIRASIYAH SEBAGAI BENTUK REINFORCEMENT PEMAHAMAN SANTRI TINGKAT ULA TERHADAP KITAB AL-DURUS AL-FIQHIYYAH DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM NGEMBALREJO BAE KUDUS

Muafiq, Mohammad Harun (2018) PELAKSANAAN TAFTISY AL-KUTUB AL-DIRASIYAH SEBAGAI BENTUK REINFORCEMENT PEMAHAMAN SANTRI TINGKAT ULA TERHADAP KITAB AL-DURUS AL-FIQHIYYAH DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM NGEMBALREJO BAE KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (51MB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan pengetahuan dalam pendidikan memegang peranan penting dalam keberhasilan pendidikan. Melalui progam-progam pendidikan yang inovatif, diharapkan mampu mengatasi problematika dalam mewujudkan kesuksesan sebuah pembelajaran. Salah satunya dengan progam taftisy al-kutub al-dirasiyah. Taftisy al-kutub al-dirasiyah merupakan bentuk reinforcement pemahaman santri sebagai salah satu progam pendidikan yang didedikasikan untuk membantu santri dalam memperkuat pemahaman mereka terhadap pembelajaran kitab salaf. Kaitannya dengan santri tingkat ula terhadap kitab al-durus al-fiqhiyah diharapkan dapat menambah penguatan pemahaman melalui keaktifan dalam memaknai kitab sehingga memicu timbulnya stimulus untuk selalu aktif dalam pembelajaran kitab tersebut yang berisi tentang masalah fiqh kehidupan, baik dalam hal memaknai, memahami, serta dapat aplikatif. Tujuan dari Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana pelaksanaan taftisy al-kutub al-dirasiyah sebagai bentuk reinforcement pemahaman santri tingkat ula terhadap kitab al-durus al-fiqhiyah di Madrasah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan taftisy al-kutub al-dirasiyah sebagai bentuk reinforcement pemahaman santri tingkat ula terhadap kitab al-durus al-fiqhiyah di Madrasah Diniyyah Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan trianggulasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis diskriptif kualitatif yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data (datareduction), penyajian data (data display) dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan taftisy al-kutub al-dirasiyah sebagai bentuk reinforcement pemahaman santri tingkat ula terhadap kitab al-durus al-fiqhiyah sangat efektif karena progam tersebut berupaya menggali keaktifan siswa dalam pembelajaran kitab baik dalam hal memaknai, memahami serta aplikatif terhadap kitab yang telah diajarkan sekaligus dapat menjadi referensi dalam menambah ilmu pengetahuan. 2)Adanya beberapa faktor dalam pelaksanaan taftisy al-kutub al-dirasiyah yang meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor Pendukung: a) Dari segi peserta didik; b) Dari segi pendidik; c) Dari segi sarana dan prasarana. Faktor Penghambat; a) pendidik; b) peserta didik; c) kurangnya koordinasi dengan pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Taftisy al-kutub al-dirasiyah; Reinforcement; Pemahaman kitab al-durus al-fiqhiyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2019 02:03
Last Modified: 17 Jun 2019 02:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item