PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-IKHLAS TLOGOWUNGU PATI TAHUN AJARAN 2016/2017

JUMROTUN, JUMROTUN (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTETIC (VAK) TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-IKHLAS TLOGOWUNGU PATI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1. Cover. pdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
File 2. Abstrak. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 3. Daftar Isi. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 4. Bab I. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 5. Bab II. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 6. Bab III. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 7. Bab IV. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 8. Bab V. pdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
File 9. Daftar Pustaka. pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. (2) Kemampuan psikomotorik siswa di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. (3) Pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) terhadap kemampuan psikomotorik siswa di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif karena desain penelitian ini dilakukan dengan menggunakan angka-angka pengolahan statistik. Proses penelitian bersifat deduktif, dimana untuk menjawab rumusan masalah digunakan konsep atau teori sehingga dapat dirumuskan hipotesis. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas X di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati, dengan jumlah sampel 43. Sebelum penelitian angket 35 dari variabel (X) dan 20 dari variabel (Y) disebarkan di MA Daarul ‘Ulum Tamansari untuk uji try out yang dibagikan kepada 35 responden. Adapun hasil dari uji validitas untuk variabel X ada 31 item soal yang valid dan 4 item soal tidak valid, sedangkan untuk variabel Y 15 item soal yang valid dan 5 item soal yang tidak valid. Maka 31 item soal variabel X dan 15 item soal variabel Y tersebut yang akan dibagikan kepada 43 responden di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati. Hasil uji reliabilitas untuk variabel X 0,939 > 0,60 dan variabel Y 0,904 > 0,60. Maka Kedua variabel tersebut dikatakan reliabel. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati adalah tergolong baik, sebab memiliki rata-rata 91,02 yang termasuk dalam interval 91-100. (2) Kemampuan psikomotorik siswa pada pelajaran mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhlas Tlogowungu Pati adalah tergolong baik, sebab memiliki rata-rata 59,91 yang termask dalam interval 59-64. (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis terdapat pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhlas Tlogowungu. Hal ini berdasarkan nilai Fhitung = 71,960 kemudian dikonsultasikan pada Ftabel taraf signifikansi 1% = 7,31 dan 5% = 4,08, maka diketahui nilai Freg lebih besar dari Ftabel (71,960 > 7,31 > 4,08). Sedangkan nilai untuk uji t sebesar 8,483. Hasil perhitungan rxy menyatakan korelasi kedua variabel sebesar 0,798 mempunyai tingkat korelasi “Kuat. Dari hasil perhitungan, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 63,70%. Hal ini berarti pengaruh model pembelajaran visualization, auditory, kinestetic (VAK) terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhlas Tlogowungu sebesar 63,70%, sedangkan sisanya 100% - 63,70%% = 36,3% adalah pengaruh lain diluar model pembelajaran yang diteliti yang diduga faktor intern dan ekstern yang mendukung proses pembelajaran. Kata kunci : Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK), Kemampuan Psikomotorik siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Visualization; Auditory; Kinestetic (VAK); Kemampuan Psikomotorik siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:27
Last Modified: 03 Oct 2017 03:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item