PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK ISLAM MANBA’UL ULUM BUARAN MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

ULIN NUHA, AKHMAD (2018) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI DI SMK ISLAM MANBA’UL ULUM BUARAN MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (687kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) untuk mengetahui Bagaimana Proses pembelajaran dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa pada mata pelajaran PAI Kelas XI di SMK Islam Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara, 2) untuk mengetahui apa sajaFaktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMK Islam Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara, 3) untuk mengetahui hasil pembelajaran yang dicapai dalam pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan kemampuan afektif siswa kelas XI di SMK Islam Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di SMK Islam Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu dengan memanfaatkan lingkungan di sekitar dan alat-alat yang sudah di sediakan sekolah dengan maklsimal.2) Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran, yaitu tingkat kemampuan peserta didik yang berbeda, itu menyulitkan karena dikhawatirkan yang belum faham dengan materi akan tertinggal jauh. Selain itu faktor cuaca juga mempengaruhi ketika pembelajaran menggunakan alat pembelajaran yang berhubungan dengan listrik seperti penggunaan LCD proyektor dan lain-lain dan juga ketika pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan. 3) untuk hasil dari pembelajaran pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di SMK Islam Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara ada peningkatan perubahan perilaku khususnya kelas XI walaupun sedikit demi sedikit, karena dalam pembelajaran hasil yang didapat tdak bisa instan memang harus bertahap sedikit demisedikit. Peningkatan kemampuan afektif siswa bisa dilihat dari sikap siswa yang menghormati/menghargai gurunya, sikap ketika masuk kelas dengan mengucapkan salam, sikap yang santun dan bersalaman serta mencium tangan gurunya apabila masuk kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Kemampuan Afektif siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:26
Last Modified: 25 Jun 2019 01:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item View Item