MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA KARANGANYAR DEMAK DALAM PERKEMBANGAN SPIRITUAL MASYARAKAT SEKITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

LATIVAH, DWI NURUL (2018) MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA KARANGANYAR DEMAK DALAM PERKEMBANGAN SPIRITUAL MASYARAKAT SEKITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (775kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (276kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (109kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (211kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui 1) manajemen madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar Demak, 2) peluang dan hambatan pengelolaan madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar Demak dan 3) dampak manajemen madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar Demak terhadap perkembangan spiritual masyarakat sekitarnya. Penelitian yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar di Desa Karanganyar Kabupaten Demak pada Tahun 2017/2018 menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar Demak sudah cukup baik, begitu juga dengan pelaksanaan manajemennya seperti manajemen kurikulum, manajemen ketenaga pendidik, manajemen siswa, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan atau pembiayaan pendidikan, manajemen administrasi perkantoran, dan manajemen hubungan dengan masyarakat sudah berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah dibuat oleh semua pengurus madin. Adapun faktor pendukungnya adalah dukungan dari wali murid (orang tua) mempunyai rasa empati untuk menyekolahkan anaknya di madrasah Diniyah, dukungan dari guru terbukti dapat menjadi contoh yang baik kepada para anak didik dalam hal kedisiplinan, sarana prasarana yang memadahi, dan dukungan dari masyarakat serkitar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kekompakan antar guru, belum adanya gedung perpustakaan, dan kurangnya komunikasi antara kepala madrasah dengan para staf terhadap kegiatan yang berlangsung dikarenakan kepala madrasah tidak setiap hari hadir di madrasah. Hambatan manajemen tersebut dapat dilakukan dengan beberapa solusi, yaitu membuat rencana jika perpustakaan sudah dibangun dan berisi buku-buku lengkap, maka guru membuat jadwal untuk para siswa bergantian pergi ke perpustakaan disetiap jam istirahat, dan kepala madrasah menjalin hubungan yang baik dengan guru dan stafnya. Dampak manajemen Madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar Demak terhadap perkembangan spiritual masyararakat sekitar seperti anak kecil sudah lancar membaca al-Qur’an, berkurangnya remaja yang minum-minuman keras, perkelahian, pencurian dan sebagainya, serta para orang tua sekarang mewajibkan anaknya untuk masuk ke madrasah Diniyah dikarenakan madrasah Diniyah Miftahul Huda Karanganyar juga menerapkan bahasa krama, jadi anak bisa memiliki akhlak yang baik dan dapat berbahasa krama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Madrasah Diniyah; Dampak Manajemen Perkembangan Spiritual Masyarakat
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:41
Last Modified: 26 Jun 2019 03:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2691

Actions (login required)

View Item View Item