Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018

Saidah, Amalia (2018) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script Dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (634kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (298kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (684kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (Field Research). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan Uji Kredibilitas, Uji Transferability, Uji Depenability, dan Uji Konfirmability. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data (penarikan kesimpulan). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Cooperative Script dalam mengembangkan perilaku prososial siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran Cooperative Script dalam mengembangkan perilaku prososial siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. (3) Bagaimana solusi yang dihadapi untuk faktor penghambat model pembelajaran Cooperative Script dalam mengembangkan perilaku prososial siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MI Muhammadiyah Jati Kulon Kudus. Hasil penelitian Model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPS kelas V dapat mengembangkan perilaku prososial. Bentuk perilaku tersebut antara lain: siswa aktif dan antusias dalam pembelajaran IPS, siswa mampu bekerjasama dan berkomunikasi mengenai materi pelajaran dengan baik, siswa mampu bersikap jujur, dermawan, berbagi, menolong sehingga terbentuk kepedulian antara satu siswa dengan yang lain. Adapun faktor pendukungnya yaitu kondisi kelas yang nyaman, alat dan bahan mengajar yang telah tersedia, sikap antusias dari siswa dalam pembelajaran, reward yang ditawarkan oleh guru kepada siswa, dan Kepala Madrasah selalu mensuport dan memfasilitasi guru dalam tugasnya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu pembelajaran yang singkat, jumlah siswa yang banyak, siswa terkadang manja, gaduh dan sering bermain-main, kurangnya konsentrasi siswa, dan Kemampuan masing-masing siswa berbeda. Kemudian solusi yang dilakukan yaitu, melakukan perencanaan dan persiapan sebelum pembelajaran dilaksanakan, siswa dibagi beberapa kelompok besar dengan materi berbeda dan nantinya setiap kelompok akan bertukar materi dan alat peraga, upaya pengkondisian kelas dan memberi perhatian yang khusus terhadap siswa yang manja dan gaduh agar tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran di kelas, memberikan ice breaking atau reward kepada siswa saat terjadi kurang konsentrasi, serta guru harus memahami karakter masing-masing siswa dan kemampuan siswa di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Script; IPS; Perilaku Prososial
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 06:47
Last Modified: 26 Jun 2019 06:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item