HUSNA, MAFATIHUL (2018) DAMPAK IMPLEMENTASI CHARACTER BUILDING ISLAMI DALAM MENGONTROL DINAMIKA PERILAKU REMAJA (Studi Kasus Di SMP Muhammadiyah 1 Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.Cover.pdf Download (946kB) |
|
Text
2. ABSTRAK .pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text
5.BAB 2.pdf Download (617kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (173kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (498kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui;, 1) Bentuk implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja;, 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja;, 3) Dampak implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study) tentang implementasi character building Islami yang bertujuan mampu mengontrol perilaku remaja saat ini di sekolah. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Lalu teknik pengambilan sampling informant dengan non probability sampling. Dan penentuan sampling informant menggunakan purposive sampling. Memiliki jumlah informan keseluruhannya 12 orang, informan tersebut yaitu kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, sarana prasarana, 2 guru akidah akhlak, 1 guru BK, dan siswa siswi berjumlah 6 orang. Sedangkan pengujian keabsahan data di dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari credibility (validitas internal), transferability (validitas eksternal), dependability (reliabilitas), dan confirmability (obyektifitas). Kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini memiliki komponen yaitu, data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verification. Hasil penelitian ini sebagai berikut;, 1) Bentuk implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja, berdasarkan hasil penelitian, sekolah memberikan upaya pengontrolan perilaku remaja saat ini dengan memberikan tontonan edukatif seperti menonton bioskop, memberikan kajian keIslaman ahad pagi dan kajian muslimah, dan membiasakan sholat berjama’ah dhuha, dhuhur dan sholat sunnah dhuha serta adanya gerakan lihat sampah ambil dan 5 menit ambil sampah sebelum pelajaran;, 2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja, yang memiliki faktor pendukung internal berupa sifat dari diri anak sendiri yang mudah menerima binaan dan motivasi yang kuat dari diri anak, lalu eksternal yakni guru, lingkungan keluarga dan sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat secara internal adalah sifat dari anak yang sulit dibina atau keras kepala dan eksternal datang dari lingkungan keluarga yang kurang baik serta kurangnya wawasan atau latar pendidikan orang tua;, 3) Dampak implementasi character building Islami dalam mengontrol dinamika perilaku remaja, berdampak munculnya perilaku religius dalam bertingkah laku, kedisiplinan di dalam beribadah kepada Allah SWT serta munculnya perilaku perduli lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Sosial dan Budaya Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 07:45 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 07:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2704 |
Actions (login required)
View Item |