PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NU MATHOLIBUL ULUM 03 KEDUNGSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Musalamah, Fitrotul (2018) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI NU MATHOLIBUL ULUM 03 KEDUNGSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (398kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (755kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (385kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (871kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala madrasah di MI NU Matholibul Ulum 03, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik, dan peran Kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan Pembelajaran Tematik di MI NU Matholibul Ulum 03 Kedungsari Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini mengguanakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah kepala madrasah berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI NU Matholibul Ulum 03 dengan membentuk program unggulan dan berupaya meningkatkan kualitas peserta didik dan tenaga kependidikan, sedangkan kemampuan awal guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik cenderung rendah tergantung pada latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar. Rendahnya kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik membuat kepala madrasah berperan dalam meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran tematik di MI NU Matholibul Ulum 03 yang dilakukan dengan berbagai upaya, diantaranya dengan mengikutsertakan guru dalam organisasi KKG (kelompok kerja guru), mendelegasikan guru mengikuti diklat dan seminar Kurikulum 2013, melakukan supervisi akademik yang dilanjutkan dengan memonitoring dan mengevaluasi guru, serta memberi perhatian lebih terhadap guru kelas I dan guru kelas IV dengan melakukan pelatihan IT pada guru kelas I dan melakukan pembinaan serta motivasi lebih pada guru kelas IV.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Madrasah; Kemampuan Guru; Pembelajaran Tematik
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:58
Last Modified: 27 Jun 2019 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2711

Actions (login required)

View Item View Item