Eksperimentasi Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018

Nada, Saidatun (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Complete Sentence terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (600kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (10MB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (10MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (10MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (10MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (10MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (10MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran konvensional di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran complete sentence di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Adapun pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis pilihan ganda sebanyak 20 butir soal yang diberikan kepada kelas eksperimen (VIII E) dan kelas kontrol (VIII F) setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran yang berbeda. Dan lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran konvensional di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018, tergolong cukup yakni sebesar 77,361 masuk dalam interval (75-82). 2) Prestasi belajar siswa kelas VIII yang mengikuti mata pelajaran Qur’an Hadits dengan model pembelajaran complete sentence di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus tahun pelajaran 2017/2018, tergolong baik yakni sebesar 83 masuk dalam interval (83-90). 3) hasil uji hipotesis eksperimentasi model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018 terdapat pengaruh dan perbedaan. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 2,2203 yang lebih besar dari ttabel pada taraf kesalahan 5% = 1,645 yakni 2,2203>1,645. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap prestasi belajar dan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran complete sentence dan kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Complete Sentence; Prestasi Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:25
Last Modified: 27 Jun 2019 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item View Item