PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP KECERDASAN NTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

CHODIJAH, SITI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERTUKAR PASANGAN TERHADAP KECERDASAN NTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU MIFTAHUL ULUM LORAM KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (351kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (626kB)
[img] Text
4. BAB I aku.pdf

Download (378kB)
[img] Text
5. BAB II aku.pdf

Download (689kB)
[img] Text
6. BAB III aku.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB IV aku.pdf

Download (684kB)
[img] Text
8. BAB V aku.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus, 2) Kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus, 3) Seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian dimana peneliti melakukan studi langsung di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus yang di fokuskan pada kelas VIII. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dikarenakan data penelitian berupa angka–angka dan analisisnya menggunakan statistik. Teknik yang penulis gunakan dalam mengumpulkan data adalah angket/kuersioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIIIA sebanyak 35 siswa, VIIIB 34 siswa, dan VIIIC 35 siswa. Jadi jumlah keseluruhan sebanyak 104 siswa kemudian diambil sampel sebesar 78 menggunakan teknik simple random sampling. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis regresi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus dalam kategori baik, ini terlihat dari hasil mean dengan nilai 52,9 yang masuk dalam interval 51-62. (2) Kecerdasan Interpersonal Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus dalam kategori baik, ini terlihat dari hasil mean dengan nilai 61,0 yang masuk dalam interval 51-62. (3) Berdasarkan analisis penelitian model pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan interpersonal. Terlihat dari nilai koefisien regresi model pembelajaran tipe Bertukar Pasangan 0,790 dengan Fhitung125,827 yang lebih besar dari Ftabel signifikansi 5% sebesar 3,96 (125,827> 3,96), sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe bertukar pasangan terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus. Di terima kebenarannya dengan kontribusi sebesar 62,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan; Kecerdasan Interpersonal
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:47
Last Modified: 27 Jun 2019 03:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item