Eksperimentasi Model Pembelajaran Reflective Learning Perilaku Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Walisongo Kayen Pati Tahun Ajaran 2017/2018

Fatimatuzzahroh, Fatimatuzzahroh (2018) Eksperimentasi Model Pembelajaran Reflective Learning Perilaku Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Walisongo Kayen Pati Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (902kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (380kB)
[img] Text
04. BAB 1.pdf

Download (851kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan perilaku belajar siswa pada pembelajaran siswa kelas kontrol pada mata pelajaran Fiqh di MA Walisongo Kayen tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui perilaku belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran reflective learning pada mata pelajaran fiqh di MA Walisongo Kayen tahun pelajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui Adakah perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terhadap perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di MA Walisongo Kayen tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA Walisongo Kayen Pati yakni pada ruang lingkup kelas X. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas X. Pembelajaran reflective learning mendorong peserta didik untuk berfikir kreatif dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Model pembelajaran Reflective Learning dalam kategori baik yaitu dengan rata-rata hasil belajar yang diperoleh adalah 52 (rentang interval 52-58). Perilaku belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Walisongo Kayen Pati dalam kategori cukup yaitu dengan rata-rata nilai yang diperoleh adalah 75 (rentang interval 72-80) Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reflective learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan model pembelajaran reflective learning. Hal ini sesuai hasil nilai thitung sebesar 0,471 dan ttabel sebesar 2,0465. Berdasarkan perhitungan tersebut thitung lebih kecil dari ttabel (0,471<2,0465). Sedangkan perhitungan dengan SPSS diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,04 lebih kecil 0,05 (0,04<0,05) perilaku belajar siswa kelas X B dengan menggunakan model pembelajaran reflective learning lebih baik dibanding dengan kelas X A yang tidak menggunakan model pembelajaran reflective learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Reflective Learning; Perilaku Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Jul 2019 01:29
Last Modified: 01 Jul 2019 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item