ROHMAN, SYAIFUR (2016) ANALISIS KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ DI MADRASAH ALIYAH DARUL ULUM (MADU) JAKEN PATITAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (544kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (650kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (268kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (508kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (623kB) |
|
Text
9. Daftar pustaka.pdf Download (149kB) |
Abstract
Fenomena kehidupan masyarakat menujukkan semakin tingginya keperluan dan harapan pada pelaksanaan mata pelajaran akidah akhlak di madrasah, seperti kasus narkoba, tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dan kekerasan dalam pendidikan, pada dasarnya merupakan bukti bahwa PAI belum mampu diserap secara penuh oleh peserta didik, pengembangan kurikulum akidah akhlak selama ini lebih menitik beratkan pada aspek kongnitif dibandingkan afektif dan psikomotorik. Pengembangan kurikulum adalah proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana kurikulum yang lebih luas dan spesifik. Mata pelajaran akidah akhlak di madrasah aliyah adalah salah satu mata pelajaran yang mempelajari tentang aspek-aspek akidah dan akhlak dengan menujukkan tanda-tanda perilaku seseorang dalam realitas kehidupan sehari-hari baik individu maupun sosial. Penelitian ini mengambil objek di MA Darul Ulum Jaken Pati karena disanalah terdapat permasalahan yang akan diteliti oleh peneliti. Fokus penelitian ini adalah pada kebijakan kepala madrasah dalam mengembangkan kurikulum mata pelajaran aqidah Akhlaq di Madrasah Aliyah Darul Ulum (MADU) Jaken Pati tahun pelajaran 2015/2016, faktor penghambat dan faktor pendukungnya. Dalam penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif- deskriptif. Untuk memperoleh data digunakan tekhnik interview, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian maneunjukkan bahwa Kebijakan kepala madrasah secara umum meliputi 3 hal yaitu: (1) Dalam bidang perencanaan, Perencanaan pembelajaran harus memperhatikan kondisi siswa yang didasari pada tujuan yang ingin dicapai, materi yang ada, metode, sumber belajar dan penilaian yang digunakan. Dalam pembelajaran guru harus kreatif dan inovatif agar apa yang diajarkan mudah diterima oleh siswa. Dalam bidang evaluasi, guru harus bisa menjalankan penilaian formatif dan sumatif secara maksimal, agar dapat diketahui kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran baik itu dari siswa, guru, ataupun materi yang disampaikan. Setelah diadakan evaluasi sangat diperlukan remidiasi bagi siswa yang belum memenuhi KKM. (2) Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak meliputi 4 komponen, yakni tujuan, materi, dan proses atau KBM, serta evaluasi. (3) Kebijakan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kurikulum Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Ulum Jaken Pati Tahun Pelajaran 2015-2016meliputi dua hal yaitu pengembangan dalam evaluasi dan pengembangan metode pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan kurikulum, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan kurikulum; Akidah Akhlak |
Subjects: | Aqaid dan Ilmu Kalam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 02:26 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |