PENDEKATAN GURU DALAM MENGENAL MODALITAS BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs HASAN KAFRAWI PANCUR MAYONG JEPARA

MAULA, NIHLATUL (2019) PENDEKATAN GURU DALAM MENGENAL MODALITAS BELAJAR UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs HASAN KAFRAWI PANCUR MAYONG JEPARA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (618kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (392kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Pendekatan guru dalam mengenal modalitas belajar siswa di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. (2) Untuk mengetahui Pendekatan guru dalam mengenal modalitas belajar untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pendekatan guru dalam mengenal modalitas belajar untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian field researchpada kelas VIIA. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) Pendekatan guru dalam mengenal modalitas belajar untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara, mengingat modalitas belajar adalah cara termudah bagi siswa dalam menyerap suatu mata pelajaran dimana para guru melakukan strategi pendekatan untuk mendekati para siswa agar tercipta proses belajar yang efektif, kreatif dan menyenangkan.(2) Pendekatan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq di MTs Hasan Kafrawi Pancur Mayong Jepara kesulitan belajar merupakan kondisi dimana siswa tidak mampu menyerap sebuah mata pelajaran dikarenakan adanya hambatan hambatan tertentu yang mengakibatkan siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor-faktor baik dari dalam maupun dari luar seperti factor keluarga, factor lingkungan dan factor teman sebaya. (3) faktor pendukung: pertama tersedianya alat atau media pembelajaran, kedua motivasi belajar, ketiga suasana dikelas dan kesiapan guru sedangkan faktor penghambatnya adalah mengenai waktu pelaksanaan pembelajaran, mengkondisikan siswa dan faktor penghambat baik faktor intern yang meliputi faktor jasmaniyah, faktor psikologis dan faktor kelelahan. sedangakan faktor ekstern meliputi baik dari faktor keluarga, sekolah maupun masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modalitas belajar, Kesulitan belajar Akidah Akhlak
Subjects: Bahasa > Studi dan Pengajaran Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Jul 2019 08:11
Last Modified: 15 Jul 2019 08:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item View Item