MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEMORIZATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU AL HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017-2018

NUR ALI, AHMAD (2019) MPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MEMORIZATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU AL HIDAYAH GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (899kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (919kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (911kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat secara nyata pelaksanaan implementasi model pembelajaran memorization dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus, tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk melihat pelaksanaan pembelajaran implementasi model pembelajaran memorization 2) Untuk melihat faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran memorization 3) Untuk melihat keberhasilan implementasi model pembelajaran memorization Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: pertama, pelaksanaan pembelajaran implementasi model pembelajaran memorizationdalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Al Hidayah Getassrabi Gebog Kudus adalah: 1) Pemberian penguatan materi yang disampaikan guru dengan cara yang menyenangkan dan memotivasi peserta didik. 2) Kegiatan diskusi yakni kegiatan diskusi antara peserta didik untuk memahami dan menghafal materi yang telah disampaikan guru. 3) Pemberian pertanyaan dari guru untuk semua kelompok. Kedua, faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran memorization adalah: faktor pendukung; a) pendidik yang berkompeten b) sarana dan prasarana yang memadai c) kesadaran peserta didik akan pentingnya belajar d) lingkungan yang tenang. Faktor penghamabat; a) malas untuk berdiskusi b) berbicara sendiri dengan teman c) alokasi waktu pembelajaran terbatas. Ketiga, keberhasilan implementasi model pembelajaran memorization ; a) meningkatnya hasil belajar siswa b) memotivasi belajar siswa c) tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Memorization, Fiqih
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jul 2019 03:20
Last Modified: 17 Jul 2019 03:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2746

Actions (login required)

View Item View Item