Nihayah, Durotun (2018) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PASAK UNTUK MELATIH KOORDINASI MATA DAN TANGAN DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK DIDIK DI RA NURUL HUDA RAJEKWESI MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (98kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (297kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (121kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (349kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
Abstract
Implementasi Media Pembelajaran papan pasak untuk Melatih Koordinasi Mata dan Tangan dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah pada Anak Didik di RA Nurul Huda Rajekwesi Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Ilmu Tarbiyah (PAI) IAIN Kudus. Pembimbing: Muhamad Mustaqim, MM, M.Pd.I. Tujuan didakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi media pembelajaran papan pasak untuk melatih koordinasi mata dan tangan dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) pada kelas A1 di RA Nurul Huda Rajekwesi Mayong Jepara dengan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka dan bersifat deskriptif yang didasarkan pada pertanyaan bagaimana. Teknik pengolahan datanya adalah dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa: 1) Media pembelajaran papan pasak, dengan media papan pasak yang digunakan mampu memberikan pemahaman pengenalan huruf pada anak, guru yang menggunakan strategi pembelajaran Papan pasak dengan media papan pasak tepat, baik dalam kemampuannya dan kesesuaian dengan materi dalam penyampaiannya. 2) Faktor yang mendukung dalam implementasi media pembelajaran Papan pasak dalam mengenalkan huruf hijaiyah pada anak didik adalah sarana dan prasarana. Faktor penghambat yang ada kurangnya dukungan dari sebagian orang tua santri, banyaknya tantangan dari luar seperti TV dan game, kurang tersedianya media belajar seperti alat-alat peraga, gambar, buku-buku dan majalah islami, minimnya gaji bagi guru sehingga guru tidak bisa terlalu fokus dalam kegiatan-kegiatan anak didik, kurang adanya kerja sama bagi sebagian orang tua santri, keterbatasan waktu dalam artian santri terburu-buru untuk pulang karena letak sekolah mereka yang jauh, keterbatasan dana, kurangnya disiplin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Papan Pasak, Koordinasi Mata dan Tangan, Huruf Hijaiyah. |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 May 2020 10:27 |
Last Modified: | 11 May 2020 10:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2771 |
Actions (login required)
View Item |