PENGARUH METODE DISCOVERY, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI PEMINATAN ILMU KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI

Jamaluddin Umar, Muhammad (2018) PENGARUH METODE DISCOVERY, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI PEMINATAN ILMU KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH DARUL FALAH SIRAHAN CLUWAK PATI. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (8MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 Bab I .pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 Bab II .pdf

Download (2MB)
[img] Text
6 Bab III .pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 BAB IV .pdf

Download (2MB)
[img] Text
8 BAB V .pdf

Download (2MB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui: “Pengaruh Metode Discovery, Motivasi Belajar dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan”. Dengan perumusan masalah adakah Pengaruh metode discovery terhadap prestasi belajar bahasa Arab, Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab, Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab dan Pengaruh metode discovery, motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh metode discovery terhadap prestasi belajar bahasa Arab, Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab, Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab dan Pengaruh metode discovery, motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Populasi penelitian ini adalah siswa Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Cluwak Pati berjumlah 315 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 100 siswa. Penelitian ini merupakan studi populasi. Tempat penelitian di Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan data siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik statisitk deskriptif dan diagram, dan juga disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan prosentase dengan tabel-tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan responden tentang metode discovery diperoleh thitung 16.563 > ttabel 1.664, kontribusi metode discovery untuk menjelaskan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Peminatan Ilmu Keagamaan sebesar 73.7 %. (2) berdasarkan persepsi responden tentang pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh thitung 17.177 > ttabel 1.664, kontribusi motivasi belajar untuk menjelaskan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Peminatan Ilmu Keagamaan sebesar 75,1% (3) berdasarkan Pengaruh persepsi responden tentang pengaruh lingkungan belajar diperoleh thitung 16.447 > ttabel 1.664, kontribusi lingkungan belajar untuk menjelaskan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Peminatan Ilmu Keagamaan sebesar 73,4 % (4) berdasarkan responden tentang metode discovery (X1), motivasi belajar (X2) dan lingkungan belajar (X3) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh Fhitung 136.615 > Ftabel 2.70, kontribusi metode discovery, motivasi belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama untuk menjelaskan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Peminatan Ilmu Keagamaan Madrasah Aliyah Darul Falah Sirahan Cluwak Pati sebesar 0.810 atau 81.0 %. Angka ini menunjukkan bahwa prestasi belajar secara bersama-sama (simultan) dipengaruhi oleh variabel metode discovery (X1) motivasi belajar (X2) dan lingkungan belajar (X3) sebesar 81.0 % sedangkan sisanya 19.0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery Method, learning Motivation, Learning environment, and learning outcomes.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 May 2020 14:39
Last Modified: 14 May 2020 14:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2798

Actions (login required)

View Item View Item