ANALISIS KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PT. AJS BUMIPUTERA KUDUS

Lestari, Indah Sri (2019) ANALISIS KINERJA DAN KUALITAS PELAYANAN PERSPEKTIF ISLAM DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENJADI NASABAH PT. AJS BUMIPUTERA KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (459kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (974kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (674kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (360kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis penerapan kinerja dan kualitas pelayanan, kinerja dan kualitas pelayanan dalam perspektif syariah, faktor pendukung yang mempengaruhi kinerja serta prinsip – prinsip kualitas pelayanan dalam meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah di PT. AJS Bumiputera Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer atau data langsung dari orang-orang yang diamati dan sumber data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya kinerja dan kualitas pelayanan perspektif Islam mempengaruhi minat masyarakat untuk menjadi nasabah. Kinerja yang dilakukan dengan menerapkan strategi faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja dengan cara mengoptimalkan kualitas dan kemampuan pegawai, sarana pendukung serta supra sarana. Penerapan kinerja kualitas dan kemampuan pegawai ditunjukkan dengan memberikan metode kinerja yang baik semaksimal mungkin. Sarana pendukung tunjukkan dengan menggunakan brosur untuk mengenalkan berbagai produknya. Supra sarana ditunjukkan dengan PT. AJS Bumiputera Kudus dilindungi lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang keberadaanya dapat berperan positif terhadap suatu perusahaan dan juga dengan menerapkan kinerja secara perspektif Islam. Kemudian kualitas pelayanan yang dilakukan dengan menerapkan strategi pinsip – prinsip yang mempengaruhi minat masyarakat dengan menerapkan pirnsip kepemimpinan, pendidikan, perencanaan, review, komunikasi, serta perencanaan dan penghargaan. Prinsip kepemimpinan ditunjukkan dengan terciptanya hubungan yang baik antara pimpinan dan karyawan demi mewujudkan visi dan misi yang sudah di rencanakan. Prinsip pendidikan ditunjukkan dengan memasarkan dan mengenalkan produk dan melakukan pendekatan. Prinsip perencanaan tunjukkan dengan melakukan sosialisasi produk kepada calon nasabah dilakukan dengan menemui nasabah secara langsung (face to face) atau juga dapat melalui brosur yang sudah di sediakan. Prinsip review ditunjukkan dengan dengan mereview kinerja antara pimpinan dengan karyawan mengenai kinerja yang telah dilakukan. Prinsip komunikasi ditunjukkan dengan menerapkan komunikasi yang baik terhadap pimpinan dengan karyawan dan nasabah.Prinsip perencanaan dan penghargaan ditunjukkan dengan memberikan penghargaan (reward) seperti payung, kalender dan bingkisan ketika ada nasabah yang membayar premi asuransi secara tepat waktu dan juga menerapkan kualitas pelayanan perspektif Islam dengan cara tidak melakukan aktivitas bisnis yang bersifat riba, maysir, gharar, ihtikar dan tadlis, tidak melakukan transaksi yang diharamkan Islam, tidak memperoleh dan menggunakan harta secara tidak adil, tidak melakukan persaingan yang tidak adil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Kualitas Pelayanan, Minat Masyarakat (Konsumen)
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2020 03:04
Last Modified: 18 May 2020 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2811

Actions (login required)

View Item View Item