INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MAHMUDAH MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN PADA SISWA DI MTS NURUL HUDA KEDONGDOWO KUDUS

Sudarlan, Sudarlan (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK MAHMUDAH MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN PADA SISWA DI MTS NURUL HUDA KEDONGDOWO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.HALAMAN DEPAN fixs.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3.Daftar isi.pdf

Download (385kB)
[img] Text
4.BAB 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
5.BAB 2.pdf

Download (590kB)
[img] Text
6.BAB 3.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7.BAB 4.pdf

Download (685kB)
[img] Text
8.BAB 5.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas alasan sebagai bentuk referensi terhadap penerapan internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah melalui pembiasaan dan keteladanan pada siswa di MTs Nurul Huda Kedongdowo Kudus, 2) Mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat proses internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah melalui pembiasaan dan keteladanan pada siswa MTs Nurul Huda Kedongdowo Kudus. Penelitian ini menggunakan penedekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif , karena peneliti ingin memahami dan mengungkap fenomena yang terjadi terkait dengan penerapan internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah melalui pembiasaan dan keteladanan pada siswa MTs Nurul Huda Kudus. Sedangkan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah melalui pembiasaan dan keteladanan pada siswa MTs Nurul Huda Kedongdowo Kudus merupakan kegiatan intrakurikuler . Terdapat factor-faktor yang mempengaruhi internalisasi nilai-nilai akhlak mahmudah melalui pembiasaan dan keteladanan, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Factor pendukung diantaranya ialah; evaluasi teladan guru, pembiasaan berupa praktik sholat dzuhur berjama’ah, sholat dhuha, tadarus Al-Qur’an dan mushafahah. Adapun factor menghambat antara lain; kurangnya kesadaran peserta didik, lingkungan, komunikasi dengan wali murid yang kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi nilai, pembiasaan dan keteladanan.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2020 02:19
Last Modified: 20 May 2020 02:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2834

Actions (login required)

View Item View Item