PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP PESANTREN MANBA’UL ULUM BUARAN MAYONG JEPARA

Maula, Syifaul (2019) PENGARUH GAYA BELAJAR KINESTETIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP PESANTREN MANBA’UL ULUM BUARAN MAYONG JEPARA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara, 2) Pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Hasil menunjukkan 1) Gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Hal ini ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 46,106 + 0,361X. Rhitung sebesar 0,453 tergolong “sedang”), dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa gaya belajar kinestetik pengaruh sebesar 20,6 % terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil uji F dari perhitungan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel ( > 4,00). Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Adanya pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Mayong Jepara”. 2) Gaya belajar kinestetik mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Ŷ = 6,317 + 1,147 X , Rhitung sebesar 0,666 tergolong “kuat” hasil uji F dari perhitungan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel ( > 4,00), dan dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa gaya belajar kinestetik memiliki pengaruh sebesar 44,3 % terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Buaran Mayong Jepara. Sedangkan sisanya 55,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian ini. Maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Adanya pengaruh yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMP Pesantren Manba’ul Ulum Mayong Jepara”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, Gaya belajar Kinestetik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2020 02:58
Last Modified: 20 May 2020 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2836

Actions (login required)

View Item View Item