PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK UNGGULAN KLAMBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018.

Khasan, Amir (2019) PENGARUH PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK UNGGULAN KLAMBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (847kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (667kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (685kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (416kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (367kB)

Abstract

Reciprocal Teaching adalah pendekatan konstruktivis yang berdasarkan pada prinsip-prinsip pembuatan atau pengajuan pertanyaan. Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan untuk memperoleh pemahaman sama seperti menyampaikan pesan dengan suatu tujuan tertentu. Pendidikan agama islam adalah upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan peserta didik untuk mengenal, untuk memahami, menghayati hingga mengimani, ajaran islam, dibarengi untuk menghormati penganut agama lain dengan hubungannya dengan kerukunan antar umat beragama hingga terwujud kesatuan dan persatuan bangsa. Untuk mengetahui Penerapan Pendekatan Pengajaran terbalik pada mata pelajaran PAI di SMK Unggulan Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui Kemampuan Komunikasi Siswa setelah Penerapan Reciprocal Teaching pada mata pelajaran PAI di SMK Unggulan Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengetahui Pengaruh Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Unggulan Klambu Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XII di SMK Unggulan Klambu dengan jumlah 30 peserta didik. Sedangkan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner (angket), wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Dari peneelitian yang dilakukan didapaykan hasil yang bias dikatakan “cukup”. Dibuktikan dengan hasil uji t yang memiliki nilai thitung > ttabel (17,856 > 2,042) dengan demikian bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, terdapat perubahan pada kemampuan komunikasi siswa kelas XII pada mata pelajaran PAI di SMK Unggulan Klambu menjadi lebih baik setelah menggunakan pendekatan reciprocal teaching. yang diperoleh prosentase sebesar 40,00 % maka data tersebut dikategorikan “Cukup”. Dengan nilai rata-rata 64,6 termasuk dalam interval (61-80) yang sebelumnya berada pada rata-rata 59,7 termasuk dalam interval (41-60). Sehingga hasil belajar mengalami peningkatan dari yang sebelumnya. Dan demikian pembelajaran dengan pendekatan reciprocal teaching berperngaruh dengan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Unggulan Klambu memiliki peningkatan yang signifikan. Dengan hasil t hitung sebesar 17,856, dengan nilai t tabel adalah 2,002. Karena t hitung lebih besar dari t table (17,856 > 2,002)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: reciprocal teaching, komunikasi, PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 May 2020 07:38
Last Modified: 26 May 2020 07:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2854

Actions (login required)

View Item View Item