UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS NU TSAMROTUL HUDA TERGO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Maghfiroh, Anis (2019) UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU DI MTS NU TSAMROTUL HUDA TERGO DAWE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
3.daftar isi.pdf

Download (335kB)
[img] Text
4.BAB 1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (233kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (680kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (122kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Profesionalitas guru di MTs NU Tsamrotul Huda Tergo Dawe Kudus tahun pelajaran 2018/2019 dan 2) Upaya kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs NU Tsamrotul Huda Tergo Dawe Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara diskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara dari kepala madrasah serta guru dan dokumentasi. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, Member Check dan menggunakan bahan referensi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; 1) Profesionalitas guru di MTs NU Tsamrotul Huda Tergo Dawe Kudus tahun pelajaran 2018/2019 tercermin dari pemenuhan kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, meliputi Pertama, kompetensi pedagogik yang bisa dilihat dari (b) kemampuan pemahaman terhadap peserta didik, (a) keterampilan memotivasi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. (c) perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, dan (d) keterampilan mengevaluasi hasil belajar. Kedua, kompetensi kepribadian yang tercermin dari guru-guru sikap guru yang selalu menjadi teladan dan dapat menjadi contoh yang baik bagi peserta didik. Ketiga, kompetensi sosial yang bisa terlihat dari komunikasi dan hubungan yang harmonis antara guru satu dengan guru yang lain, guru terhadap peserta didik dan guru terhadap masyarakat. Keempat, kompetensi profesional yang tercermin dari penguasaan materi yang dilakukan oleh para guru dengan upaya-upaya mempersiapkan materi dengan baik. 2) Upaya kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalitas guru sudah dilakukan oleh kepala madrasah dengan baik dan bisa berjalan secara optimal, meskipun masih ada kendala yang harus diperbaiki. Upaya dilakukan kepala madrasah untuk memotivasi guru agar terpenuhi kompetensi-kompetensi yang harus dimiliki guru meliputi Pertama, dengan memotivasi guru dengan cara melakukan supervisi kepada guru dan melakukan kunjungan kelas untuk memaksimalkan kompetensi Pedagogik. Kedua, dengan memberikan motivasi berupa arahan dan pembinaan kepada guru agar bisa memenuhi kompetensi Kepribadian. Ketiga, memotivasi guru melalui pendekatan langsung secara pribadi untuk pemenuhan kompetensi sosial. Keempat, memotivasi dengan memberi masukan untuk berdiskusi atau sharing dengan guru yang lain agar bisa menambah pengalaman dalam materi pembelajaran untuk lebih memaksimalkan kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya Kepala Madrasah, Motivator, Profesionalitas Guru.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 26 May 2020 07:44
Last Modified: 26 May 2020 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2855

Actions (login required)

View Item View Item