FEBRILIANTI, DEVI (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMP N 01 MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (3MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (367kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (104kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik integratif pada pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP N 01 Margoyoso, apa latar belakang pelaksanaan model pembelajaran PAI dan Budi pekerti, serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pembelajaran tematik integratif pada PAI dan Budi Pekerti. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa SMP N 01 Margoyoso. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan peneliti sebagai instrumen penelitian yang menetapkan fokus penelitian dan memilih informasi sebagai sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tematik integratif pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sudah cukup baik. Pembelajaran yang dilaksanakan sudah sesuai dengan ciri-ciri dari pembelajaran tematik integratif, seperti pembelajaran sudah berpusat pada anak dan anak terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga pelajaran menjadi bermakna. Guru juga telah melaksanakan pembelajaran yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengkomunikasikan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif yaitu sarana dan prasarana dalam pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat yaitu siswa yang kurang tanggap dalam proses pembelajaran sehingga mereka kurang memahami isi materi pelajaran, serta waktu pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang sedikit membuat pembelajaran tematik integratif pada PAI dan Budi Pekerti kurang maksimal. Tetapi permasalahan itu bisa diatasi dengan memberikan jam pelajaran tambahan pada siswa yang belum paham dalam menerima pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran tematik integratif, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 May 2020 07:58 |
Last Modified: | 26 May 2020 07:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2857 |
Actions (login required)
View Item |