KONSEP PENGETAHUAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KITAB FALSAFATU AL TARBIYAH AL ISLAMIYAH KARYA DR MAJID IRSAN AL KAILANY)

Himawan, Himawan (2019) KONSEP PENGETAHUAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM (TELAAH KITAB FALSAFATU AL TARBIYAH AL ISLAMIYAH KARYA DR MAJID IRSAN AL KAILANY). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (767kB)
[img] Text
02. Abstrak.pdf

Download (293kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (199kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (850kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)

Abstract

Problem pendidikan masyarakat modern yang memasuki zaman neoteknik merupakan problem yang serius. Hal ini disebabkan paradigma pendidikan yang dipakai dalam institusi pendidikan cenderung mengikuti ideologi pasar. Dalam pandangan Hodgson ciri modernitas adalah teknikalisme, dari teknikalisme tersebutlah ideologi pendidikan khususnya di Indonesia sekarang berpijak. kalau seandainya ideologi pasar yang digunakan maka dunia pendidikan kita akan mengedepankan nilai-nilai korporasi yang menekankan penguasaan teknik-teknik dasar yang diperlukan dalam dunia kerja dengan mengorbankan nilai-nilai etis-humanistik. Tujuan Penelitian library reseach ini adalah: 1) Untuk mengetahui Dasar dan Tujuan Pengetahuan Perspektif Dr Majid Ursan Al kailany. 2) Untuk mengetahui Sumber Pengetahuan Perspektif Dr Majid Ursan Al kailany. 3) Untuk mengetahui Ruang lingkup Pengetahuan Perspektif Dr Majid Ursan Al kailany. 4)Untuk mengetahui Epistemologi dalam memperoleh Pengetahuan Perspektif Dr Majid Ursan Al kailany. 5) Untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian konsep pengetahuan pendidikan islam Perspektif Dr Majid Ursan Al kailany dengan problematika pendidikan Modern Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Dokumen merupakan bentuk tulisan, gambar atau karya-karya monumental dari seseorang. Dokumentasi adalah suatu cara yang dilakukan dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, leger, agenda, dan sebagainya. Teknik ini dilakukan dengan mencari bahan-bahan yang relevan dengan obyek yang akan diteliti lalu di ulas. Sumber penelitian ini berasal dari sumber primer kitab falsafatu Al tarbiyah Al islamiyah, dan sumber sekunder kitab at Tarbiyatul al Islam al Ushul wa at Tathbiqot,, serta majalah, artikel dan literatur yang lain yang dipilah dan dipilih berdasarkan relevansinya dengan masalah yang diteliti. Dari temuan penulis menemukan bahwa: 1) konsep pengetahun dalam pendidikan islam Dr. Majid Ursan Al Kailany merupakan pengetahuan pendidikan integratif yang bercorak rasional taransendental. Dalam artian pengetahuan dalam pendidikan ini tidak melakuakan pemisahan antara sains dan agama, keduanya berhubungan secara organis. Serta rasional transendental artinya pengetahuan dalam pendidikan islam ini mempunyai kesesuaian, keseimbangan bagi diri manusia dalam memenuhi kebutuhan pemikiran dan jiwa. Corak pendidikan inilah yang dibutuhkan dalam konteks zaman sekarang di mana mulai terjadi gejala dehumanisasi; 2) bahwa konsep pengetahuan dalam pendidikan Islam al Kailany mempunyai kesesuain dengan pendidikan modern dalam beberapa aspek, dan mempunyai nilai lebih dalam hal transendensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep, Pengetahuan, Majid Ursan Al Kailany dan Pendidikan Islam.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2020 04:12
Last Modified: 27 May 2020 04:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2864

Actions (login required)

View Item View Item