IMPLEMENTASI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS NURUL HUDA KRAMAT KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK

Rokhaniah, Kholisatur (2019) IMPLEMENTASI STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEPEKAAN SOSIAL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MTS NURUL HUDA KRAMAT KECAMATAN DEMPET KABUPATEN DEMAK. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
9.daftar pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan kepekaan sosial pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Huda Kramat. (2) Untuk mengetahui hambatan dan solusi strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan kepekaan sosial pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Huda Kramat. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yang bersifat kualitatif deskriptif. Sumber dalam data penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Implementasi strategi Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan kepekaan sosial pada mata pelajaran akidah akhlak kelas IX di MTs Nurul Huda Kramat berdasarkan prinsip pembelajarannya peserta didik dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan realitas kehidupan nyata dan diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan lingkungan, agama, sosial, ekonomi maupun kultural. Berdasarkan pembelajarannya mata pelajaran akidah akhlak kelas IX bab adab terhadap lingkungan telah menempuh beberapa tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pembuatan silabus dan RPP. Tahap pelaksanaan meliputi pendahuluan, inti dan penutup. Tahap evaluasi meliputi penilaian terhadap hasil belajar dan proses pembelajaran yang tealh berlangsung dari awal hingga akhir. Dan berdasarkan karakter-karakter yang dihasilkan dari strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning adalah menumbuhkan nilai agama dan nilai sosial, menumbuhkembangkan kepekaan sosial, semakin berkembangnya akhlakul karimah, baik dari segi ucapan atau perbuatan. 2. Hambatannya ada beberapa faktor internal: kurang aktif dalam proses pembelajaran dikelas, didalam ruang kelas kurang kondusif, kurangnya kerjasama antar teman, cara menghubungkan materi tidak mudah membutuhkan kreativitas. Dan juga faktor eksternal: keterbatasan waktu belajar dan keterbatasan sumber-sumber buku. Solusi dalam pembelajaran: menyakinkan siswa untuk ikut andil atau aktif dalam hal berdiskusi, guru harus mengelola kelas dengan baik, pembentukan kelompok belajar, dan peserta didik perlunya bimbingan seorang guru. Memanfaatkan waktu untuk menerapkan strategi pembelajaran sekreatif mungkin. Guru memberitahu peserta didik bahwa referensi yang digunakan tidak hanya melalui sarana cetak saja, tetapi juga bisa mencari bahan dari media internet ataupun elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran CTL, Kepekaan Sosial, Akidah Akhlak.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2020 04:43
Last Modified: 27 May 2020 04:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2868

Actions (login required)

View Item View Item