MODEL PENDIDIKAN NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS N 1 KUDUS

Mawalia, Khusnia Dyah (2019) MODEL PENDIDIKAN NILAI KEJUJURAN MELALUI KANTIN KEJUJURAN PADA PESERTA DIDIK DI MTS N 1 KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (673kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (175kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kantin kejujuran sebagai upaya mewujudkan nilai-nilai kejujuran pada siswa di MTs N 1 Kudus, mengetahui penanaman kejujuran siswa melalui kantin kejujuran di MTs N 1 Kudus,. serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman kejujuran siswa melalui kantin kejujuran di MTs N 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, peneliti melakukan keabsahan data dengan model uji kreadibilitas data yang dilakukan dengan cara meningkatkan ketekunan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pengurus kantin kejujuran, penanggung jawab kantin kejujuran, guru Aqidah Akhlak serta peserta didik MTs N 1 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan kantin kejujuran MTs N 1 Kudus sudah efektif dalam menanamkan nilai kejujuran siswa dengan memiliki struktur kepengurusan yang berasal dari guru IPA, melakukan kegiatan sosialisasi dan menggunakan pamfletisasi, melaksanakan aktivitas di kantin kejujuran dengan menggunakan self system service, dan melakukan pengevaluasian setiap bulanya. (2) Penanaman nilai kejujuran dimulai dari lingkungan keluarga, kemudian guru memberikan motivasi dan arahan agar mampu menanamkan nilai kejujuran, peran kantin kejujuran dalam menanamkan nilai kejujuran melalui mekanisme pelaksanaan yang menggunakan sitem self servive (peserta didik memilih dan mengambil barang sendiri) dan sistem self payment (peserta didik membayar sendiri sesuai dengan harga barang yang dibeli). (3) Faktor pendukung terdiri dari letak kantin kejujuran yang strategis, sarana prasarana yang memadai, penempatan job description yang tepat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah variasi makanan yang kurang lengkap, tidak ada tindak lanjut pengevaluasian (laporan) kantin kejujuran, masih ada siswa yang belum berbuat jujur, ruang kantin kejujuran yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Kantin Kejujuran, Nilai Kejujuran
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 May 2020 02:22
Last Modified: 28 May 2020 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2879

Actions (login required)

View Item View Item