Nafi’ah, Rif’atun (2019) STUDI ANALISIS PELAKSANAAN EVALUASI BENTUK TES DAN NON TES PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS I’ANATUT THALIBIN CEBOLEK MARGOYOSO PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (331kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (360kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (464kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (634kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (259kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
Abstract
Evaluasi bentuk tes dan non-tes sebagai alat penilaian sikap dirasakan penting oleh guru dalam rangka menentukan keberhasilan siswa. Bahkan pada mata pelajaran Fiqih menjadi faktor dominan dalam menentukan nilai akhir. Di dalam kompetensi dasar Mapel Fiqih lebih menekankan pada afektif dan psikomotorik karena di dalam materi pelajaran tersebut memuat beberapa kajian tentang ibadah, seperti wudlu, sholat, zakat, haji dan lain-lain. Mengingat pentingnya evaluasi dalam pembelajaran Fiqih maka solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan melakukan evaluasi tes dan non tes guna mengukur sejauh mana perkembangan keterampilan siswa pada mata pelajaran Fiqih. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan evaluasi bentuk tes dan non tes pada mata pelajaran Fiqih di MTs I’anatut Tholibin Cebolek Margoyoso Pati tahun pelajaran 2018/2019., 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan evaluasi tes dan non tes pada mata pelajaran Fiqih di MTs. I’anatut Thalibin Cebolek Margoyoso Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Yaitu sebuah studi penelitian yang mengambil data autentic secara obyektif/studi lapangan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dan untuk mengkaji pelaksanaan evaluasi bentuk tes dan non tes pada mapel Fikih dengan menggunakan teknik pengumpulan data meliputi: teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun Subjek Penelitianadalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru Fiqih, dan siswa-siswi di MTs. I’anatut Tholibin Cebolek Margoyoso Pati tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Langkah-langkah pelaksanaan evaluasi tes pada saat proses pembelajaran di kegiatan akhir sebelum penutup dengan bentuk formatif tes, dan sumatif tes untuk akhir semester, sedangkan bentuk non tes pada mata pelajaran Fiqih yaitu dimulai dari guru masuk kelas untuk memberikan materi pembelajaran hingga melaksanakan penilaian dengan model wawancara terpimpin dan Tanya jawab di kelas, (2) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam pelaksanaan evaluasi tes dan non tes pada mata pelajaran Fiqih, yaitu banyak guru mata pelajaran lainnya juga menggunakan penialain non tes, karena mampu membantu guru untuk mengetahui prestasi siswa dari segi keaktifan sikap dan tanggung jawab, siswa siswi yang aktif dan aktif pada saat presentasi kelas, faktor penghambat meliputi faktor media, faktor teknis dan faktor materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mata Pelajaran Fiqih, Evaluasi Bentuk Tes Dan Non Tes |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 May 2020 04:50 |
Last Modified: | 28 May 2020 04:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2887 |
Actions (login required)
View Item |