PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH LENGKONG BATANGAN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019

Sholikah, Umi (2019) PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII DI MTS TARBIYATUL ISLAMIYAH LENGKONG BATANGAN PATI TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (258kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (340kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (381kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (481kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (272kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII B menggunakan metode konvensional di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati Tahun pelajaran 2018/ 2019, (2) Untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A menggunakan metode role playing dengan media audiovisual di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati Tahun pelajaran 2018/ 2019, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan metode role playing dengan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati Tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true eksperiment dengan desain posttest only control design dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VIII A berjumlah 28 peserta didik dan kelas VIII B berjumlah 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode statistika non parametrik dengan rumus Chi Kuadrat (χ2) untuk menguji hipotesis deskriptif dan komparatif. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII B yang mendapatkan perlakuan metode konvensional memiliki kategori yang berbeda karena diperoleh χ2 hitung > χ2 tabel (10,78 > 7,815), maka Ha tidak dapat ditolak dan diperoleh rata-rata sebesar 74,2593 yang masuk dalam interval (62-74), sehingga hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII B menggunakan metode konvensional di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun pelajaran 2018/ 2019 tergolong sedang. 2) Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A yang mendapatkan perlakuan metode role playing dengan media audiovisual memiliki kategori yang berbeda karena diperoleh χ2 hitung lebih besar dari χ2 tabel (12,85 > 7,815), maka Ha tidak dapat ditolak dan diperoleh rata-rata sebesar 86,0174 yang masuk dalam interval (80-89), sehingga hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII A menggunakan metode role playing dengan media audiovisual di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati tahun pelajaran 2018/ 2019 tergolong tinggi. 3) Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan rumus manual, yaitu rumus Chi Kuadrat dua sampel independen diperoleh χ2 hitung lebih besar dari χ2 tabel (7,61 > 3,841). Dengan demikian dapat disimpulkan Ha tidak dapat ditolak yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode role playing dengan media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di MTs Tarbiyatul Islamiyah Lengkong Batangan Pati Tahun pelajaran 2018/ 2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Media Audiovisual, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:06
Last Modified: 02 Jun 2020 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2905

Actions (login required)

View Item View Item