PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HADIST ARBAIN ANNAWAWIYAH DENGAN METODE MENGHAFAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI HADIST PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM NGEMBAL REJOBAEKUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Afida, Aniq (2019) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HADIST ARBAIN ANNAWAWIYAH DENGAN METODE MENGHAFAL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI HADIST PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM NGEMBAL REJOBAEKUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (456kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (514kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (899kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (646kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Proses Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah 2) Untuk memahami Faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpualan data meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Sumber data penelitian meliputi sumber data primer yakni Kepala Sekolah, Wali kelas IV A, Peserta didik Kelas IV A, dan Guru Agama serta data sekunder meliputi dokumen dan arsip yang berhubungan dengan Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah melalui Program Metode Menghafal Hadist. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara uji kredibilitas data, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, danverifikasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah melalui Program Metode Menghafal Hadist meliputi tiga tahap yakni tutorial sebelum kegiatan, kemudian praktek kelapangan yang dituju yakni di halaman luar sekolah, kemudian terakhir adalah tahap evaluasi atau feed back di kelas. 2) Faktor Penghambat proses Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah melalui Program Metode Menghafal Hadist adalah Kesiapan guru dalam menguasai metode dan materi, selain itu guru juga mengalami kesulitan dalam mengkondisikan peserta didik ketika mengikuti kegiatan Metode Menghafal sedangkan Faktor Pendukung proses Pelaksanaan Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah melalui Program Pengenalan Metode Menghafal Hadist meliputi Faktor Internal (Motivasi, Kondisi peserta didik dalam menerimamateri di kelas, kemampuan mengaplikasikan materi) dan Faktor Eksternal (Perencanaan Penyelenggaraan Program Metode Menghafal Hadist, Kreatifitas guru, Dukungan dari Orang Tua, Dukungan secara Finansial) pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pembelajaran Hadist Arbain Annawawiyah, Program Metode Menghafal Hadist
Subjects: Hadits dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2020 12:58
Last Modified: 09 Jun 2020 12:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2938

Actions (login required)

View Item View Item