PENGARUH METODE BERNYANYI DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU THOLIBIN TANJUNGKARANG JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2018/ 2019

Anam, Khoirul (2019) PENGARUH METODE BERNYANYI DAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP DAYA INGAT ANAK USIA DINI DI RA MUSLIMAT NU THOLIBIN TANJUNGKARANG JATI KUDUS TAHUN AJARAN 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
01. COVER_to.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK_to.pdf

Download (271kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI_to.pdf

Download (549kB)
[img] Text
04. BAB I_to.pdf

Download (414kB)
[img] Text
05. BAB II_to.pdf

Download (577kB)
[img] Text
06. BAB III_to.pdf

Download (786kB)
[img] Text
07. BAB IV_to.pdf

Download (949kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (425kB)
[img] Text
08. BAB V_to.pdf

Download (425kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA_to.pdf

Download (246kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap daya ingat anak usia. (2) Untuk mengetahui pengaruh metode tanya jawab terhadap daya ingat anak usia dini. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi dan tanya jawab terhadap daya ingat anak usia dini. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kuantitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di RA Muslimat NU Tholibin Tanjungkarang Jati Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode angket. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis asosiatif. Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode bernyanyi terhadap daya ingat anak usia dini sebesar 52,3% dengan nilai korelasi sebesar 0,723 yang masuk dalam rentang interval 0,61 – 0,80 dalam kategori “tinggi” dengan taraf signifikansi Fhitung > Ftabel (27,45 > 3,38) dan taraf signifikansi thitung > ttabel (5,234 > 2,06). (2) 66,8% dengan nilai korelasi sebesar 0,818 yang masuk dalam rentang interval 0,81 – 1,00 dalam kategori “sangat tinggi” dengan taraf signifikansi Fhitung > Ftabel (50,42 > 3,38) dan taraf signifikansi thitung > ttabel (7,101 > 2,06). (3) 67,5% dengan nilai korelasi senilai 0,8215 yang masuk dalam rentang interval koefisien 0,81 – 1,00 dalam kategori “sangat tinggi” dengan taraf signifikansi Fhitung > Ftabel (24,91 > 3,38). Adapun nilai pengaruh metode bernyanyi dan metode tanya jawab dikorelasikan secara simultan dengan daya ingat yang dihasilkan yaitu pertama, tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi dan metode tanya jawab terhadap daya ingat anak usia dini jika metode tanya jawab dibuat sama tetap atau dikendalikan (varibel kontrol) karena nilai korelasi yang didapatkan adalah sebesar 0,14 yang masuk dalam rentang interval koefisien 0,00 – 0,20 dalam kategori “sangat rendah” dengan taraf signifikansi thitung < ttabel (0,683 < 2,06). kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bernyanyi dan metode tanya jawab terhadap daya ingat anak usia dini jika metode bernyanyi dibuat sama tetap atau dikendalikan (variabel kontrol) karena nilai korelasi yang didapatkan adalah sebesar 0,564 yang masuk dalam rentang interval koefisien 0,41 – 0,60 dalam kategori “sedang” dengan taraf signifikansi thitung > ttabel (3,35 > 2,06).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bernyanyi, Metode Tanya Jawab dan Daya Ingat
Subjects: Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Guru Raudlathul Athfal
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 17 Jun 2020 04:19
Last Modified: 17 Jun 2020 04:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item