MODIFIKASI PERILAKU PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA KELAS VII UNGGULAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM PURWOGONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ruchussabil, Deliar (2019) MODIFIKASI PERILAKU PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS PADA KELAS VII UNGGULAN DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL ULUM PURWOGONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (464kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (432kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (753kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (345kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (759kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (238kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Perilaku peserta didik bermacam-macam jenisnya. Perbedaan ini disebabkan banyak faktor, baik internal atau eksternal. Banyaknya jenis perilaku peserta didik sangat memungkinkan mempengaruhi jalannya kegiatan pembelajaran. Termasuk pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Terlebih pada MTs Darul Ulum yang memiliki kelas unggulan. Adanya kelas unggulan tentunya memerlukan adanya penyikapan yang berbeda dikarenakan pola perilaku yang berbeda, khususnya kelas VII yang sedang dalam masa adaptasi dan peralihan dari fase anak-anak ke remaja. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh pemahaman tentang proses kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada kelas VII unggulan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo 2) memperoleh pemahaman tentang bentuk perilaku peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada kelas VII unggulan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo 3) memperoleh pemahaman tentang modifikasi perilaku terhadap peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis pada kelas VII unggulan di Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Purwogondo. Penelitian ini merupakan field research menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian Guru Al-Qur’an Hadis dan peserta didik di kelas VII unggulan. Pembahasan dalam penelitian ini bercorak behaviorisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru Al-Qur’an Hadis di kelas VII unggulan menyelenggarakan kegiatan pendahuluan sesuai standar kurikulum 2013, kegiatan inti sesuai dengan kebutuhan dan komposisi yang tepat serta kegiatan penutup yang berisikan refleksi sebagai evaluasi 2) Peserta didik memunculkan beberapa perilaku yang sesuai dengan perannya sebagai individu yang penuh potensi dan pada saat yang bersamaan peserta didik juga menampilkan perilaku-perilaku yang perlu dibenahi. 3) modifikasi perilaku yang dilakukan oleh guru pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis di kelas VII unggulan berupa pemberian pengalaman positif, pengurangan perilaku berlebihan, penguatan perilaku weak, pembentukan perilaku baru, perlakuan perilaku wajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alberto, P. A. dan A. C. Troutman. Applied Behavior Analysis for Teacher, New Jersey: Prentice Hall, 1995. dikutip dalam Edi Purwanta dkk., “Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran Untuk Anak Dengan Masalah Perilaku,” Cakrawala Pendidikan XXXIII. no. 2 (2014): 199 - https://media.neliti.com/media/publications/84221-ID-none.pdf Al-Bukhari, Shahih al-Bukhari (Beirut: Dar Ibn Katsr al-Yamamah, 1987), 456 dikutip dalam Katni, “Analisis Hadits Nabi Mengenai Manusia untuk Menemukan Tujuan Pendidikan Islam”. pdf. http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/download/90/71/ Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja,Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara, 2005. Al-Qur’an. Luqman ayat 19. Robbani, Al-Qur’an per Kata, Tajwid Warna. Jakarta: Surya Prisma Sinergi. Alwisol. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2014. Bintoro, Drajat. “Penerapan Metode Reward and Punishment Dalam Pembelajaran Qur’an Hadist Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Temon Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018.” Minithesis, IAIN Surakarta, 2018. Burhan, Bungin. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015. Dadang. “Moral Kaum Pelajar Rusak, Kriminalitas Membabi Buta” ITS News. https://www.its.ac.id/news/2016/05/22/moral-kaum-pelajar-rusak-kriminalitas-membabi-buta/. Ekowarni, Endang. “Kenakalan Remaja: Suatu Tinjauan Psikologi Perkembangan.” Buletin Psikologi, 1993. Fananie, Zainuddin. Pedoman Pendidikan Modern. Jakarta: Arya Surya Perdana, 2010. Hadi, Sumasno. “PEMERIKSAAN KEABSAHAN DATA PENELITIAN KUALITATIF PADA SKRIPSI.” Jurnal Ilmu Pendidikan 22, no. 1 ( 2017) - https://doi.org/10.17977/jip.v22i1.8721. Hadis, Abdul. “Modifikasi Perilaku Remaja Dengan Pendekatan Belajar-Melalui-Pengamatan Dan Pengendalian Diri.” Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (1997) http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/1072 Hardisman. Tuntunan Akhlak dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Padang: Andalas University, 2017. PDF file. http://repo.unand.ac.id/21824/3/Part-I__Hardisman_Akhlak%20Islami%20Etika%20Kedokteran.pdf Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Thariqah 1, no. 2 ( 2016): 154 - https://id.scribd.com/document/391264942/195156-ID-Esensi-Peserta-Didik-Dalam-Perspektif-Pe “Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Accessed April 10, 2019. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/modifikasi. Jalaluddin. Psikologi Keagamaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015. Khodijah, Nyanyu. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014. KBBI , diakses 7 April2019, https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/perilaku. Martin, Garry, dan Joseph Pear. Modifikasi Perilaku, Makna Dan Penerapannya. Terjemahan oleh Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015. Marzuki, Ahmad. “Model-Model Pembelajaran PAI Inovatif Dan Kontekstual.” Jurnal Al-Ghazwah 1, no. 1 (2017):108-109 - https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/elgozwah/article/download/590/481 Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013. Nata, Abuddin. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009. PERMENAG RI. “912 Tahun 2013, Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab,” 9 Desember 2013. Pierce, W. David dan Carl D. Chenet. Behavior Analysis dan Learning. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, 2004. PDF file. http://analisisdelaconducta.net/wp-content/uploads/2015/08/Behavior-Analysis-and-Learning-Third-Ed-W.-David-Pierce_-Carl-D.-Cheney.pdf Purwanto , M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014. Purwanta, Edi dkk., “Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Terintegrasi Program Pembelajaran Untuk Anak Dengan Masalah Perilaku,” Cakrawala Pendidikan XXXIII, no. 2 (2014). - ttps://media.neliti.com/media/publications/84221-ID-none.pdf Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014. Saprudin, Aa. “Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Behaviorisme Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Di MTs Al-Hidayah Tajur Citeureup.” Minithesis, UIN Syarif Hidayatullah, 2015. Sarwono, Jonathan. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006. Shofif, Levy Hafidzah. “Implementasi Model Pembelajaran Modifikasi Tingkah Laku Pada Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik (Studi Multisitus Di SMPN 1 Karangrejo Dan SMP Islam Al Azhaar Tulungagung)”. Tesis, IAIN Tulungagung, 2018. - http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9852/10/Daftar%20Pustaka.pdf. Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2013. Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2010. Sohuturon. “Kronologi Siswa Aniaya Guru Hingga Tewas Di Sampang.” CNN Indonesia. 11 Maret 2019, 04:02:33. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180202124909-12-273381/kronologi-siswa-aniaya-guru-hingga-tewas-di-sampang, Tafsir, Ahmad. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012. Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam .Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992. dikutip dalam Katni, “Analisis Hadits Nabi Mengenai Manusia untuk MenemukanTujuan Pendidikan Islam”. pdf. http://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/download/90/71/ Taher, Thahroni. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers, 2013. UNESCO. Behaviour Modification, Module 4, Regional Training Seminar on Guidance and Counselling. Uganda: UNESCO, 1997. Pdf file. https://unesdoc.unesco.org/in/rest/annotationSVC/DownloadWatermarkedAttachment/attach_import_7ae7c76f-64b8-40d7-89c5-79d4930d0909?_=108518engo.pdf UNESCO, A Human Rights-Based Approach to Education For All .New York: UNICEF, 2007), 7. Pdf file. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000154861 UU RI. “20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,” . 8 Juli 2003.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:13
Last Modified: 18 Jun 2020 01:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2965

Actions (login required)

View Item View Item