IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DAN TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA ALIYAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN-PATI TAHUN 2019

Nashiruddin, Ahmad (2019) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING DAN TIPE KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA ALIYAH DI PERGURUAN ISLAM MATHALI’UL FALAH KAJEN-PATI TAHUN 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover sd kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (422kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (396kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan konseling dan tipe kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa Madrasah Aliyah di Perguruan Islam Mathali’ul Falah Kajen-Pati tahun 2019. Manfaat teoritis bisa dijadikan sebagai penambah pengetahuan tentang implementasi bimbingan konseling dan tipe kepemimpinan kepala yang memiliki dampak terhadap peningkatan kedisiplinan siswa. Sedangkan manfaat praktisnya sebagai sumbangsih penerapan bimbingan konseling serta pemilihan tipe kepemimpinan dalam peningkatan kedisiplinan siswa yang akan diterapkan di lembaga pendidikan Islam. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan sifat dan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi non partisipasi, wawancara terstruktur dan tidak terstruktur, serta dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dengan aktivitas analisis data yang meliputi reduction, display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan jika implementasi bimbingan konseling di Perguruan Islam Mathali’ul Falah terlaksana melalui beberapa bentuk. Secara non formal melalui materi pelajaran keagamaan, nasihat dari guru pengampu, atau dari tokoh yang dituakan. Adapula secara formal melalui lembaga-lembaga seperti Bimbingan Konseling, Komisi Disiplin, dan Lembaga Pengembangan Bakat dan Minat. Lembaga-lembaga tersebut merupakan representasi dari kebijakan dan gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam memperhatikan persoalan siswa. Khusus dalam hal kedisiplinan Siswa Aliyah dimulai dari sosialisasi kepada siswa, penyuluhan tentang kedisiplinan, pendataan siswa bermasalah, pendampingan serta penindakan dan diakhiri dengan laporan kepada pemimpin sekolah secara berkala. Dari data Tahun Ajaran 2018/2019 jumlah Siswa Aliyah yang bermasalah dalam hal kedisiplinan, dan terekam dalam data lembaga BK sebanyak 41 siswa dari total 523 Siswa Aliyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Kepemimpinan kepala sekolah, dan Kedisiplinan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:18
Last Modified: 18 Jun 2020 02:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2970

Actions (login required)

View Item View Item