Ikhsan, Ikhsan (2019) EFEKTIVITAS MODEL BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN PERSONAL SISWA (PERSONAL SKILL) (STUDI KASUS IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ PADA SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover s.d. Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (522kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (358kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (833kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (361kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (764kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (476kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana model Boarding School dalam meningkatkan kecakapan personal siswa (personal skill) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, 2. Bagaimana implementasi program tahfidz pada SMP Muhammadiyah 1 Kudus, 3. Bagaimana efektivitas model Boarding School dalam meningkatkan kecakapan personal siswa (personal skill) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian “field research” atau riset lapangan. Penelitian ini menggunakan teknis pendekatan “kualitatif” dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Model boarding school dalam meningkatkan kecakapan personal siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kudus menurut peneliti merupakan model pendidikan dengan keterpaduan kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Hal ini dapat dilihat dari perpaduan antara kurikulum nasional pada kegiatan pembelajaran di sekolah dan kurikulum pesantren berupa program tahfidz al-qur’an pada boarding school. 2. Implementasi program tahfidz pada SMP Muhammadiyah 1 Kudus menurut peneliti dilaksanakanberdasarkan jadwal kegiatan pembelajaran yang telah dibuat oleh sekolah dengan tujuan pencapain program tahfidz untuk memenuhi syarat kelulusan yaitu 3 juz (juz 30, juz 29 & juz 1). 3. Efektivitas model boarding school dalam meningkatkan kecakapan personal siswa menurut peneliti dikategorikan cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya tujuan yang diharapkan pada siswa sebagai syarat kelulusan sekolah dengan hafal 3 juz yaitu juz 30, juz 29, dan juz 1.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Boarding School Dalam Meningkatkan Kecakapan Personal Siswa, Implementasi Program Tahfidz |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 02:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 02:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2972 |
Actions (login required)
View Item |