EFEKTIVITAS MODEL BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN PERSONAL SISWA (PERSONAL SKILL) (STUDI KASUS IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ PADA SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS)

Ikhsan, Ikhsan (2019) EFEKTIVITAS MODEL BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN PERSONAL SISWA (PERSONAL SKILL) (STUDI KASUS IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ PADA SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d. Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (522kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (358kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (833kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (361kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (764kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Bagaimana model Boarding School dalam meningkatkan kecakapan personal siswa (personal skill) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus, 2. Bagaimana implementasi program tahfidz pada SMP Muhammadiyah 1 Kudus, 3. Bagaimana efektivitas model Boarding School dalam meningkatkan kecakapan personal siswa (personal skill) di SMP Muhammadiyah 1 Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian “field research” atau riset lapangan. Penelitian ini menggunakan teknis pendekatan “kualitatif” dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Model boarding school dalam meningkatkan kecakapan personal siswa di SMP Muhammadiyah 1 Kudus menurut peneliti merupakan model pendidikan dengan keterpaduan kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum pesantren. Hal ini dapat dilihat dari perpaduan antara kurikulum nasional pada kegiatan pembelajaran di sekolah dan kurikulum pesantren berupa program tahfidz al-qur’an pada boarding school. 2. Implementasi program tahfidz pada SMP Muhammadiyah 1 Kudus menurut peneliti dilaksanakanberdasarkan jadwal kegiatan pembelajaran yang telah dibuat oleh sekolah dengan tujuan pencapain program tahfidz untuk memenuhi syarat kelulusan yaitu 3 juz (juz 30, juz 29 & juz 1). 3. Efektivitas model boarding school dalam meningkatkan kecakapan personal siswa menurut peneliti dikategorikan cukup efektif. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya tujuan yang diharapkan pada siswa sebagai syarat kelulusan sekolah dengan hafal 3 juz yaitu juz 30, juz 29, dan juz 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Boarding School Dalam Meningkatkan Kecakapan Personal Siswa, Implementasi Program Tahfidz
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:52
Last Modified: 18 Jun 2020 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2972

Actions (login required)

View Item View Item